Friday, June 30, 2023

KBMN PGRI 29; Pertemuan ke-6 bersama Brian

Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Gelombang 29

Teknis Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id

Resume ke : 6

Tanggal : 30 Juni 2023

Narasumber : Raimundu Brian Prasetyawan, S.Pd

Moderator :  Arofiah Afifi

KBMN Gelombang 29 



Tepat pukul 19:00 Moderator Arofiah Afifi, menyampaikan; 

"Sebuah berita, tulisan, karya hanya akan terdiam di sudut sepi jika tidak diup atau disebarluaskan pada khalayak. Berita, tulisan, karya bisa menjadi motivasi, informasi, hiburan bahkan menjadi sebuah peluru. *MELINTAS* Media literasi semaja, hadir sebagai bagian pelengkap dari KBMN. Tumbuh bersama, menciptakan ruang dan tempat untuk lincah menyajikan tarian pena. Tidak hanya tulisan yang berkibar, tapi juga bisa menambah cuan. Ingin bergabung dengan Melintas? Menjadi author atau kontributor? Jangan lewatkan kesempatan malam ini bersama Pimred Melintas... Cuzzzz…, 

Mari persiapkan semua amunisi, daya, daya komputer dan siapkan cemilan dan yang terpenting siapkan hati."

Moderator kembali menyapa, "Assalamualaikum warohmatullah. Selamat malam Ibu Bapak Penulis hebat. Aroma sate, rendang dan gulai daging kurban masih menguar kuat memenuhi indra penciuman kita, semangat berkurban masih hangat tertanam dalam jiwa kita. Demikian juga semangat itu menghantarkan dan mengiringi kita semua untuk mempersiapkan diri sepenuh hati dalam menanti materi yang telah dinanti malam ini."

Malam pertemuan ke 6 bersama saya  Arofiah Afifi  selaku moderator akan mendampingi ibu bapak hebat selama dua jam ke depan  membersamai bapak ibu  semua dalam pertemuan malam ini dari 30 pertemuan kelas Belajar Menulis  gelombang 29.

Malam ini kita akan menyimak materi Teknik menulis untuk situs portal berita Melintas.id.  Napoleon Bonaparte, seorang panglima yang tersohor keberaniannya, kehebatannya kesuksesannya dalam dunia perang dan politik. Kurang lebih berkata  "Aku lebih takut kepada tiga  penulis yang bersenjata pena daripada, ribuan prajurit  yang bersenjata bayonet lengkap"

Kalimat di atas menggambarkan bahwa, peranan tulisan lebih  berpengaruh dan berbahaya daripada senjata.  Kenapa demikian?  Karena kekuatan peluru timah panas,  yang mengenai badan, hanya berefek satu peluru satu nyawa. Semantara peluru-peluru yang ditembakkan penulis adalah huruf-huruf yang membentuk kalimat yang akan memberikan pengaruh yang sangat  signifikan. Tulisan akan mengenai sasaran yaitu pikiran,  dari pikiran akan  menembus hati.

Dengan menembus hati dan menembus pemikiran,  maka akan merubah paradigma berpikir dan wawasan.  Selanjutnya akan mempengaruhi gerak dan  lambat laun, penulis bisa menggerakkan banyak orang: se-kampung, se-kota, se-provinsi, se-bangsa, dan bahkan se-dunia. 

Silahkan pikirkan dibenarkan atau disanggah perkataan saya, dalam hati anda. Agar tulisan kita memiliki power yang dahsyat maka dibutuhkan sebuah media yang mendukung eksistensi tulisan kita seperti Portal berita Melintas.id. Saya yakin Para penulis hebat di Grup ini, hatinya meronta.

"Aku mau menulis di melintas.id bagaimana caranya?" Demikian suara banyak hati.

Nah dari pada penasaran Mari kita tunggu bersama.  

Cinta perih di titik nadir

Pacar menjauh, sedihlah perasaan

Narasumber akan segera  hadir

Kita sambut Pak Brian Prasetyawan.


Narasumber hadir dengan menyapa, "Selamat malam. Mohon maaf baru muncul. Malam ini tema materinya perdana baru dibawakan saat gelombang 29 ini. yaitu Teknik Menulis di situs portal berita melintas.id. Karena memang melintas.id baru berdiri 11 Mei 2023. Melintas merupakan akronim dari *Media Literasi Nusantara Semaja*. Awalnya Ide untuk membuat media online ini berasal dari sebuah pengalaman Pak Ahmad Fatchudin, peserta KBMN gelombang 27 saat menjadi penulis di salah satu media online yang memiliki sekitar 30-40 penulis dan dapat menghasilkan penghasilan tambahan bagi setiap penulis yang lumayan besar. Kemudian beberapa alumni yang juga anggota tim solid Om Jay beserta Omjay diajak untuk mendirikan media online ini yang kemudian menjadi tim redaksi melintas.id yang terdiri dari 7 orang.

Melintas.id didirikan dengan tujuan untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah yang dimaksud bukan saja dari segi penghasilan, tapi lebih dari itu, yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Menulis di melintas.id memberi pengalaman dan wawasan baru tentang menulis. Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya

KBMN PGRI memiliki sumber daya manusia yang luar biasa. Setiap gelombang dibuka terdapat 500-1000 peserta. Jika setidaknya ada 10% peserta yang aktif konsisten menulis maka menghasilkan 50-100 penulis. Dengan demikian melintas.id ini dapat menjadi media online yang aktif dan produktif menghasilkan konten-konten tulisan orisinil, bermutu, dan dicari banyak orang.

Sebagian besar peserta KBMN PGRI adalah guru, kepsek, pengawas, dan semua yang bekerja di bidang Pendidikan. Hal tersebut menjadi potensi yang dapat dimaksimalkan untuk Bersama-sama mengembangkan melintas.id menjadi media online milik kita Bersama yang terdepan dan terpercaya dalam edukasi dan literasi.

Selain itu, Media Online KBMN PGRI juga akan menjadi sarana untuk memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah atau institusi pendidikan yang tergabung dalam KBMN PGRI.

Melintas.id merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan promedia. Promedia sudah memegang hampir seribu situs portal berita di seluruh Indonesia bahkan media online sebesar Suara Merdeka dan Jawa pos juga dipegang promedia jadi melintas.id ini berada ditengah ekosistem media yang mumpuni untuk menjadi media yang maju, promedia sudah memiliki formula bagaimana membuat tulisan yang mendukung berkembangnya media tersebut.

Namun ada konsekuensi yaitu ketentuan penulisannya bisa jadi berlawanan dengan norma-norma penulisan yang selama ini sudah kita pelajari. Misal yang paling ekstrem adalah tulisan sastra seperti puisi, cerpen, pentigraf, dll. Jika di melintas.id, harus ada paragraf pembuka dengan isi kalimat berita sebelum tulisan puisi/cerpennya, karena balik lagi, melintas.id adalah situs portal berita jadi tulisan sastra pun dikemas seperti postingan berita Melintas.id menyediakan 10 menu rubrik.

  1. Pendidikan (berita pendidikan umum)
  2. Sastra (cerpen, puisi, pentigraf, dll)
  3. Parenting
  4. News 
  5. Religi
  6. Sekolah (berita kegiatan/prestasi sekolah)
  7. Literasi (hal-hal tentang menulis, resensi buku, kegiatan literasi di sekolah/komunitas, seputar KBMN PGRI)
  8. Ragam: (kuliner, travelling, kesehatan, budaya)
  9. Olahraga
  10. Opini


Jadi jika bapak/ibu ingin menulis di melintas.id, bisa menyesuaikan dengan menu rubrik yang ada melintas.id tidak menerima tulisan infotaiment Untuk menulis di melintas.id ada 2 kategori penulis Penulis lepas; penulis yang tidak bergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim lewat email dan Penulis Tetap Penulis yang yakin ingin bergabung dengan melintas.id. Artinya siap mengikuti aturan dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan. Kedepannya akan berpeluang mendapat honor jika melintas.id sudah mampu menghasilkan pendapatan.

Ada jenis jenjang penulis tetap di melintas

a. Calon Content Creator (CC), bagi yang baru bergabung, akan masuk di grup ini. Nama anda selaku penulis akan menumpang dulu dengan nama editor. Nama anda tertulis sebagai contributor. Diberi target menulis minimal 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika dapat memenuhi, akan naik jenjang menjadi Content Creator (CC). Jika tidak memenuhi, akan dikeluarkan dari grup. Silakan menjadi penulis lepas saja. 

b. Content creator (contributor), jika sudah memenuhi syarat 15 tulisan, akan masuk di grup baru yaitu Author dan CC melintas. Anda resmi menjadi CC Melintas.id. Namun nama anda selaku penulis masih menumpang dengan nama editor. Maka, agar bisa punya profil nama sendiri di melintas, harus jadi author. Syarat jadi author adalah menulis minimal 15 tulisan.

c. Author, jika sudah mencapai jenjang author, anda sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id. Anda memiliki profil nama sendiri, tidak lagi menumpang nama editor. Nama anda tercatat dalam database CMS melintas.id. Namun tentu ada tanggung jawabnya yaitu harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi, akan diturunkan Kembali jadi kontributor

Cara menulis di melintas.id sebagai penulis tetap:

Berbeda dengan menulis di blog, penulis melintas tidak memiliki akun akses menulis langsung di melintas. Yang punya hanya editor dan tim redaksi. Maka cara menulisnya adalah dengan menulis di word lalu mengirim ke google form. Berikut ini tata caranya:

1. Download format file word

2. Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru lalu menulis isi tulisan

3. Kirim ke link form:

Ini akan dijelaskan lebih lanjut jika sudah bergabung menjadi calon CC melintas.id. Jadi menulis di melintas.id tidak langsung tayang tulisannya, karena harus ditangani oleh editor dahulu. Maka waktu tunggu tayang tulisannya akan lama bisa berjam-jam bahkan berhari-hari. Karena disatu sisi, editor melintas juga memiliki pekerjaan tetap sehingga harus bagi waktu dengan melintas.id. 

Melintas.id menjunjung anti plagiarisme editor melintas.id akan mengecek kiriman tulisan yang masuk. Berapa persen plagiarismenya. Batas toleransi plagiarisme maksimal 30%. Tulisan di melintas.id wajib ada gambar, tetapi kita tidak bisa ambil sembarang gambar dari google. Gambar yang boleh dipakai hanyalah dari dokumentasi pribadi, medsos tokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, pixabay.com, pexels.com, dll. Panjang tulisan minimal 350 kata. Maksimal 800 kata pengecualian untuk puisi minimal 4 bait, 1 bait terdiri 4 baris dan tentu tambahkan paragraf pembuka dulu. Memang menulis di situs portal berita merupakan hal baru. Banyak ketentuannya karena kita bersaing dengan situs-situs besar di halaman google target utamanya adalah mendapat banyak pengunjung. Sumber pengunjung terbesar masih dari google. Jadi semua ketentuan menulis di melintas.id dibuat sesuai algoritma google. Penulis tetap di melintas harus menulis setiap hari juga tujuannya untuk memperbesar peluang mendapat banyak pengunjung

Bagi yang ingin menjadi penulis tetap melintas (Calon CC), silakan daftar lewat form:

https://forms.gle/qPfaGNT3TbAyppka9, tetapi harus yang benar-benar komitmen menulis setiap hari. kalau sekedar iseng-iseng coba-coba, menjadi penulis lepas saja. Kirim tulisan lewat email. "Demikian materi dari saya malam ini", Narasumber mengakhiri presentasinya. "Mohon maaf jika dalam penyampaiannya ada yang kurang berkenan." lanjutnya. 

Selanjutnya adalah sesi tanya-jawab

Pertanyaan pertama dari Pak A Soleh, Jakarta

  1. Q: Mengapa di melintas.id tidak ada rubrik entertainment atau berita tentang selebritis? A. Karena melintas.id ingin mengusung sebagai situs terdepan dalam pendidikan dan Literasi akan kontradiktif jika situs pendidikan memuat berita kasus perselingkuhan artis, Namun bukan berarti hal-hal tentang artis ditolak semua. Jika ada berita artis tapi terkait dengan pendidikan atau parenting, bisa dimuat. 
  2. Q: Untuk menjadi penulis yang baik di portal berita mana yang lebih kita pentingkan idealisme, kemauan pribadi/mood atau mengejar jumlah Viewer (Menarik bagi pembaca). A: Harus realistis, menulis di portal berita adalah mengejar jumlah pembaca. Kadang ini yang suka bersebrangan dengan idealisme/norma baku kepenulisan.
Pertanyaan kedua, Silvie-Serang

  1. T: Apa pertimbangan menjadi cc Melintas harus memiliki 15 tulisan yg dimuat? T: terlalu sedikit ya 15 tulisan? Iya harusnya 30 tulisan karena komitmen awal menulis setiap hari. Namun kesepakatan dari tim redaksi adalah minimal 15 tulisan. Sehingga setidaknya produktif menulis dua hari sekali. 
  2. Berapa lama tulisan kita bisa dikatakan dimuat/tidak? Adakah batasan waktunya? Tidak ada batasan waktu yang pasti. Rata-rata paling lama 1 hari. Tapi ada yang berhari-hari karena banyak tidak sesuai dengan ketentuan melintas. Jika seminggu belum tayang dan tidak ada kabar, bisa tanyakan japri ke saya

Pertanyaan ketiga Iah, Kab. Bandung, bertanya:

  1. Q: Maaf Kalau *Semaja* di akronim Melintas apa ya? A: Semaja menurut KBBI artinya yang sesungguhnya.  
  2. Apa perbedaan secara hakiki bagi penulis lepas di melintas.id dengan penulis tetap (termasuk honor menulisnya)? Penulis lepas tidak masuk grup WA melintas, mengirim lewat email, tidak dituntut menulis setiap hari, tidak ada honor. Penulis tetap masuk grup WA melintas, mengirim lewat google form, dituntut menulis tiap hari, prospek kedepan ada honor sesuai jumlah viewers, bukan jumlah tulisan. iya bisa sekedar berita kegiatan sekolah, bisa juga tulisan lebih mendalam terkait hikmah dari kegiatan tersebut, Untuk berita sekolah, apakah tidak hanya menjelaskan berita ttg kegiatan sekolah tetapi lebih pada inspirasi  (hikmah) yang dapat diambil dari berita tersebut. 
Pak Alam menangkap belut, ditaruh dalam baki. 
Malam sudah larut, resume aku sudahi.  


11 comments:

chikoyyoe said...

Keren... Lengkap sekali resumenya

A.Soleh said...

Pertalite nih ...

Na said...

Yaah... Gak ada pertanyaan dari saya, Pak.

Na said...

😀😊😁

Arofiah Afifi said...

Lengkap sekali Pak

rosweni said...

Resumeenya kereeen

Endang Suwarni said...

Mantap keren banget pk

indaryati10 said...

Alhamdulillah, lengkap Terima kasih sudah berbagi ilmunya

Anikzifi said...

Sukses terus pak

RUSMANA ST said...

Terima kasih P Winarno ,ini

RUSMANA ST said...

Semoga sukses selalu