Wednesday, June 28, 2023

KBMN PGRI 29; Pertemuan ke-5 bersama Dail Ma'ruf

 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Gelombang 29

Blog Sebagai Media Pembelajaran 

Resume ke : 5

Tanggal : 28 Juni 2023

Narasumber :  Dail Ma'ruf, M.Pd.

Moderator :  Helwiyah, S.Pd. MM.


"Ting", bunyi notifikasi pesan masuk di WAG,  "Seiring lajunya teknologi, pergeserannya mengubah segala aspek. Membuat percepatan yang menuntut semua pihak berjalan dengan cepat, bahkan berlari untuk mengikutinya. Blog sebagai salah satu media komunikasi, tak hanya digunakan sebagai media penulisan. Tapi bisa menjadi salah satu media pembelajaran. Menarik, dan tentu saja sejalan dengan jiwa milenial peserta didik. Tertarik ingin tahu caranya... Jangan lewatkan kelas KBMN malam ini... ๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐Ÿป", adalah caption pada postingan WAG yang menyertai gambar di atas. 

Setelah moderator membuka sesi dengan menyapa peserta dan menyampaikan biodata narasumber melalui file ekstensi pdf. Narasumber memulai penyampaian materi dengan terlebih dulu menyapa peserta, "Alhamdulillah saya sekeluarga sehat, semoga semua peserta dan TSO juga sehat dan bahagia.  Assalamu alaikum Wr. WB, Selamat malam untu kita semua. Tiada kata yang paling indah dan tepat pada malam ini selain pujian terhadap Allah Tuhan semesta yang maha rahman rahim hingga kita masih ada dan menikmati dunia dan isinya. 

Semoga kita termasuk hambanya yang bersyukur dengan cara memanfaatkannya dalam kebaikan diantaranya dengan belajar di malam ini. Selamat hari raya idul adha, semoga ibadah kurban kita diterima Allah SWT, Mari kita doakan yang sedang teman-teman yang sedang berhaji di tanah suci juga sehat semua dan menjadi haji mabrur/mabrurah dan kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat. 

Bapak dan Ibu peserta KBMN gel 29 yang saya banggakan, Saya pun dulu sama dengan bapak dan Ibu, Peserta KBMN 20 yang Blog saja belum punya, dan jelang Opening ceremony. Saya mendadak sakit kepala alias pening karena saya belum mempunyai blog. Namun dengan niat kuat dan tekad ingin mengikuti kegiatan ini. Saya kirim pesan jalur pribadi (japri) kepada Om Jay guna meminta solusi. 

Beliau bilang, ketikkan keyword, "cara membuat blog" pada tab pencarian google, lalu simak artikel atau video tutorial yang muncul. Saya mengikuti saran beliau untuk membaca dan menonton video tutorial membuat blog, sambil saya catat langkah-langkahnya dan saya praktekkan. Alhamdulillah, laman blog saya di setujui dan hore, saya mempunyai blog. 

Saya senang sekali dan akhirnya menjadi peserta KBMN gelombang 20, waktu itu ada 2 gelombang berjalan sekaligus yaitu gelombang 19 dan 20. Nah, Saya, Bu Ewi dan Bu Raliyanti juga gelombang 20. 

Saya setelah ikut materi 1 dari Om Jay bingung bikin resume dan link harus dikirim ke form pengumpulan, lalu posting di WAG KMBN-20. Kegiatan berlanjut,  Era digital 5.0 memaksa kita para guru/ dosen untuk beradaptasi menggunakan media digital. Nah Kehebatan Allah Tuhan yang maha segalanya, kita dapat ujian Covid-19, dengan adanya Pandemi tersebut selama 2 tahun kita dipaksa untuk bisa tetap mengajar dan dalam jaringan (online) pilihannya. Hikmahnya semua guru sedunia kenal media dalam jaringan (daring) seperti aplikasi telekonferensi, Zoom-Google Meet, Webex, Jitsi, dan lainnya.

Nah Blog bagian dari upaya kita memaksimalkan pembelajaran agar kualitas belajar semakin baik.

Wikipedia mendefinisikan Blog yang berasal dari Web dan Log merupakan aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Nah,  tulisan-tulisan ini dimuat dalam urutan dari yang terbaru, diikuti postingan yang lebih lama dalam urutan tanggal. Situs web log seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet. 

Mengutip dari https://www.kompasiana.com/roni_proling/551160218133111646bc5faa/mengetahui-sejarah-blog-di-indonesia Penulis termasuk blogger generasi ke tiga, yaitu blogger yang dibuat dari tahun 2004 sampai hari ini. Penulis mulai ngeblog pada tahun 2008 dimana saat itu penulis menjadi salah satu peserta pada Diklat Fasilitator Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris MTs tingkat Mahin. di Ciputat. Peserta sebanyak 35 orang yang berasalah dari seluruh propinsi, kecuali Irian Jaya. 

Dan ini alamat blognya: http://gurumadrasahtsanawiyah.blogspot.com/

 

Peserta Diklat Fasilitator Guru MTs Tingkat Mahir

Apakah bapak/ibu mengenali mereka, kegiatan berlangsung sebelum adanya WA, sehingga dari 35 orang peserta, saat ini di WAG baru terkumpul 11 orang, termasuk saya.  Mohon bantuan bapak/ibu untuk menyambungkan kembali pertemanan dengan mereka dengan memberikan Nomor WA Nya.

Selanjutnya narasumber memberikan challenge kepada peserta untuk memilih satu dari beberapa topik yang ia posting di blog, lalu meminta peserta untuk memberikan tanggapan dengan menuliskannya di kolom komentar, pada laman blog dibawah ini. 


Sampai pukul 20:20 WIB, sudah ada 42 komentar. Jelas sekali bahwa blog dapat digunakan sebagai media pembelajaran. 

Penulis juga sudah memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran berikut ini salah satu contohnya. 


Narasumber membuka sesi tanya-jawab; 

Endang Ratna Juwita, Bogor
Q: Bagaimana cara mengajarkan blog kepada anak usia dini ?
A: Anak usia dini? Wah keren nih--- IT memang bisa disesuaikan usianya. Namun blog untuk usia dini harus disesuaikan tingkat perkembangan. Coba kita cari  Blog untuk anak usia dini seperti Pororo yang dibahas- Si Dora yang direview--keren kayaknya. Ipin upin dan apa saja yang jadi idola anak usia dini. 

Q: Bagaimana menjaga kita tetap konsisten menulis di blog?
A: Menjaga konsistensi menulis di blog, ikut komunitas menulis setiap hari, supaya bersemangat selalu. Nanti kita minta bertanya pada Om Jay dan minta ditambahkan jawaban.  

Q: Apakah tips  supaya tulisan kita bisa menarik banyak pembaca? 
A: Tips supaya tulisan menarik : pertama judul bikin kepo. Kedua tambahkan ilustrasi gambar yang mendukung judul, dan 3 alasannya harus jelas dan lugas sehingga pesannya sampai.
---------------
Ahmad .Ambon
Q: Kenapa saya mau menanggapi tidak bisa di kolom komentar? Saat di klik diarahkan untuk masukkan nama blog saya lagi, padahal sudah masuk dari tadi. 
A: Silahkan kirim komentar melalui WA
---------------

Bu Darti

Q: Saya izin bertanya. Berarti kalau pembelajaran menggunakan blog harus dalam jaringan ya pak atau pakai Internet. Lalu kalau penggunanya anak kelas 1 SD apakah direkomendasikan? Terima kasih.

A: Iya Bu Darti harus ada jaringan dan ada HP atau laptop, bisa juga gunakan lab komputer. Kelas 1 SD di kota apalagi dari ortu menengah ke tas dah pada jago. kl di SD Negeri mungkin ada yang mendukung atau belum lengkap. kl untuk anak SD level bawah tentu akan melibatkan ayah bundanya kelas 1-3, kl level atas 4-6 sudah mandiri

Hanya 1 atau 2 saja yang kadang blm dapat ijin punya HP Kl anaknya punya perangkat dan ortu setuju -- bisa kita kirim video tutorial di blog, supaya jawaban murid juga tak terserak kumpul semua.
-------------
Indah Martini; Asal Bandar Lampung Q: Pada poin 4 blog sebagai media pembelajaran dapat dijadikan tempat guru mengadakan ulangan dan siswa dapat menjawab dikolom komentar, bagaimana caranya agar peserta didik menjawab pertanyaan dengan tidak mengcopy paste jawaban siswa lain pak? Terimakasih.
A: Good question -- hahhaa..kita harus beri aturan tegas kl yang sama persis -- yang jawab awal dianggap jawab, setelahnya dianggap belum dan diminta menjawab ulang kl mau dapat nilai namum memang kendalanya-- jika matematika maka jawaban akan sama. Nah solusinya buat di G-Form -- tanpa diberi nomor soal-- sehingga nanti akan acak no 1 di satu siswa akan beda dengan sebelahnya. kita kirim ling soal g-form tsb di Blog intinya -- supaya Blog mereka tetap terpakai dan mereka senang nulis di blog-- info apa saja bisa kita berikan di blog --sehingga anak mau tak mau akn buka dan berkunjung.
---------------
Silvie dari Serang Q: Apakah sebaiknya blog media pembelajaran dengan blog pribadi dipisah atau disatukan?
A: Dipish lebih baik -- supaya hal cyrhatan atau puisi romantis kita tak dibaca murid, Cara buat blog yang menarik tentu kita harus rajin ubah profile, dan rajin tonton tutorial cara buat blog pembelajaran menarik zaman IT serba mudah -- apa saja ada-- asal mau dan tekun Q: Bagaimana membuat blog media pembelajaran yang menarik untuk siswa? Terima kasih. A: Kalau untuk siswa SD dan TK harus Full Colour danb tulisn besar. Kl SMP dan SMA yang diselingi dengan dunia remaja dan beberapa Kiat sukses ... dan Tips adakan kuis TTS berhadiah -- atau tantangan yang skor jawabannya 100 dapat hadiah ...intinya anak remaja suka terima tantangan --apalagi kl menang kita publikasi di Mading atau koran lokal bisa jug diulas di Melintas.Id -- rubrik sekolah ini rekan guru yang luar biasa -- perjuangan hidupnya menggapai impian dan cita-cita. Moga dimudahkan Bu
---------------
Sy Endang suwarni dari Sumbawa NTB. 
Q: Ijin bertanya pk Dail  jenis Blok itu gimana pak?๐Ÿ™๐Ÿ˜ฌ

A: Blog Kesehatan, lebih spesifik tentang Kesehatan, kebanyakan berisi keluhan pasien, berita Kesehatan terbaru, dan keterangan-keterangan tentang Kesehatan. Blog Politik, tentang berita politik aktivis dan semua persoalan berbasis blog seperti kampanye. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan. Blog Riset, berisi persoalan tentang akademis, seperti berita riset terbaru.

--------------

Saya Patonah ( Fannieradjib) dari Tangerang

Q: Apakah ada batasan didalam menulis di Blogg?? 

A; Blog itu macam wa saja -- jadi kita akan menjadikannya sebagai apa itu bagaimana penggunanya. Batasannya ya etika umum. Jika sesuatu dilarang agama dan negara ya --jangan kita tulis di blog lalu diposting. Bukan hanya di blog dimedia lain pun sama--di tikto, IG , FB dan You Tube -- jangan asal ingin viral dan terkenal Macam kasul Ponpes Al zaytun --ini karena postingan solat idul fitri yang aneh-- maka karena nila setitik rusak susu sebelanga. Sekarang bukan lagi mulutmu harimaumu--tapi jarimu harimaumu

---------------

Q: Apa sajakah yang boleh ditulis dan apa saja yang tidak boleh ditulis?? apa konsekwensinya apabila kita menulis sesuatu yang tidak diperbolehkan atau yang dilarang ??

A:  yang tidak boleh ya yang mengandukng unsur SARA dan bisa mencemarkan nama baik seseorang.  insya allah kita anggota grup ini tahu mana yang layak dan tidak layak di posting di publik.

---------------

Q: Saya  Intan Purnama di Kediri. Mohon izin bertanya. Pertanyaan 1, Bolehkah mengupload tulisan kita di 2 akun Blog yang berbeda. Misalkan di Blog probadi dan akyun Blog yang ada di Kompasiana. 2. Apakah Blog saat ini masih sangat diminati? karena sepertinya jarang yang punya akun Blog. Saya pun karena ikut KBMN ini baru punya Bog. hhh.


A: sama -- kadang kita asyik di blog bersama macam kompasiana dan sejenisnya. kl bolehkan upload tulisan atau artikel/konten yang sama di akun pribadi dan bersama macam Kompasiana? Boleh saja karena itu hak kita, kecuali di 2 akun bersama --misal Kompasiana dan Melintas.ID Noted : Kl bisa sebelum kita posting di Blog sendiri tetap save di word-- kapan kapan mau diposting di Melintas.Id atau lainya tak ambil dari Blog -- karena bisa masuk Plagiat kl dari word asli --akan UNIK aslinya kurang kl yang pribadi kecuali pas KBMN ini ya ramai karena saling kunjung dan beri komentar atau motivasi

---------------

Rina dari Tangerang. 

Q: Pertanyaan saya, sejauh mana blog efektif dijadikan sebagai media pembelajaran, dan bagaimana cara mengukurnya? Terima kasih ibu.  ๐Ÿ™๐Ÿป


A:  Efektif bu, asal pengkondisiannya maksimal misal sosialisasi ke ortu bahwa akan ada penyampaian materi, soal dan menjawan soal via Blog-- sehingga anak akan diajari bukin lalu semua akun murid kirim ke wa grup atau japri k ortu masing masing -- supaya kl ada anak blm kerjakan kita bisa minta bantuan ortu dan paham, Mengukurnya -- bandingkan sebelum gunakan Blog dn setelahnya: baik  nilai maupun anbtusisme murid;

-------------

Q: Pak....mohon maaf tanya apa bedanya microsoft word dengan notepad nggeh ? persoalannya semua resume / tulisan  saya tulis di microsoft word bukan d notepad, apakah benar tulisan di notepad lebih mudah mengaturnya dari pada yg d microsoft word ?


A: iya bu da bedanyakita biasa pakai MS word -- dan beberapa orang suka note pad

masalah lebih mudh mengatur --bisa jadi karena not pad memang teknologinya lebih baru. di HP lbh mudah note pad : kl saya gimana mudahnya saja --- kl lagi di hp yang NP kl dilaptop MS word


Narasumber menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas dan membuka kesempatan kepada siapa pun untuk ikut menjawabnya. 

Terimakasih. 


3 comments:

Na said...

Luar biasa, lengkap. ๐Ÿ‘

chikoyyoe said...

Mantappp.. Luar biasa

Wijaya kusumah said...

resume yang bagus