Friday, June 23, 2023

KBMN PGRI 29; Pertemuan ke-3 bersama Raliyanti, S.Sos, S.Kom., M.Pd

Resume ke : 3
Gelombang : 29
Tanggal : 23 Juni 2023
Tema : Teknik Menulis Resume
Narasumber : Raliyanti, S.Sos, S.Kom, M.Pd
Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd

"Resume adalah  ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang. Media belajar menulis di KBMN ini adalah melalui blog, dengan menulis resume dari setiap materi. How to write a good resume? Bagaimana cara menulis resume yang baik, bagaimana agar terhindar dari plagiasi. Yuuk.. Agar tulisan resume kita semakin bagus, materi malam ini WAJIB untuk diikuti. Berbagai macam trik dan ilmu meresume akan disampaikan dengan lugas, menarik dan mudah diikuti. Jadi Jangan sampai terlewatkan ya...STAY TUNE di KBMN 29," adalah teks yang menyertai flier yang dishare melalui grup WA pada pukul 11:05 WIB. 

Tepat pukul 19:00 WIB sesi dibuka oleh moderator dengan mengucapkan, "Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh; Salam sejahtera; Om Swastiastu; Nammo budhaya; Salam Kebajikan,  dilanjutkan dengan memperkenalkan diri, "Pada malam hari ini, saya *Purbaniasita (Sita)* akan menemani sahabat Nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas, Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya."

Moderator juga mengingatkan peserta untuk menyiapkan kudapan selama sesi berlangsung, "Untuk menemani belajar kita malam ini, bapak ibu bisa menyiapkan kopi, cemilan dan charger supaya bisa menambah semangat saat menyimak materi luar biasa yang akan kami sampaikan. Sebelum memulai kegiatan alangkah baiknya apabila kita berdoa dan memohon pada Allah supaya memberikan kemudahan dan kelancaran untuk kuliah malam ini. Berdoa dipersilahkan,"

Selanjutnya moderator menyapa peserta dengan membacakan pantun,  

Pagi hari makan kelapa
Rasanya enak bikin tertawa
Kita disini telah berjumpa
Untuk acara yang istimewa

Wanita jelita menjadi biduan
Bingung sejenak cari alamat
Selamat datang tuan dan puan
Semoga acara ini membawa manfaat . Aamiin


Usai membacakan pantun moderator kembali menyapa peserta, "Selamat menikmati materi 3". 

Narasumber mengucapkan terima kasih kepada moderator, lalu menyampaikan materi malam ini, "Pada malam hari ini materi kita adalah *Teknik penulisan resume*. Cocok sekali dengan tugas yang diberikan setelah selesai narasumber menyampaikan materi ya bapak ibu. Bagaimanakah cara menulis resume yang baik?  Hal-hal apa saja yang perlu di persiapkan untuk menulis resume? Materi apa sajakah yang bisa dibuat resume?" 


Moderator kembali berkata, "Pertanyaan-pertanyaan seperti tersebut diatas sudah pasti membuat kita penasaran bukan? Adalah seorang bunda yang cantik dari Jakarta. Beliau  adalah seorang guru Informatika yang telah menghasilkan 2 buku solo dan beberapa buku antologi. Beliau bernama bunda *RALIYANTI* pemateri kita malam ini. Kita beri tepuk tangan yg meriah untuk bunda Raliyanti,"

Moderator melanjutkan dengan memberikan informasi tentang rundown kegiatan malam ini antara lain; (1) Pembukaan (2) Pemaparan materi  (3) Tanya Jawab (4) Penutup 

Narasumber mulai menyampaikan materi;

"Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmatNya malam ini kita bertemu lagi di Kelas Belajar Menulis Nusantara gelombang ke-29, pertemuan ke-3. Semoga bapak dan ibu selalu dalam keadaan sehat wal'afiat. Aamiin. Dan semoga masih ingat dengan saya. Di pertemuan ke-1, saya berkesempatan menemani Omjay dan malam ini saya kembali mengunjungi bapak dan ibu untuk sharing pengalaman menulis resume di blog. Kali ini saya ditemani Bu Sita yang baik hati. Kami bersama di tim solid omjay. Kami dipertemukan di kegiatan luar biasa ini. Akhirnya saling mengenal satu sama lain dan rasanya sudah seperti saudara. Tadinya belum pernah bersua sama sekali dan alhamdulillah di kopdar 1, kami akhirnya bertemu dan rasanyaaa.. sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Saya juga sama dengan bapak ibu Berawal dengan mengikuti kegiatan ini di gelombang 20, bersama pak Dail dan bu Helwiyah. Saya diajak bergabung ke tim solid omjay oleh bu Aam Nurhasanah untuk menjadi moderator dan membuat flyer.

Seiring perjalanan waktu diminta juga untuk mendesain cover buku, layout buku dan juga menjadi kurator dan editor.Suatu keajaiban dari menulis yang tidak terbersit sama sekali di benak saya. Dalam setiap pertemuan kelas belajar menulis, peserta diminta untuk membuat resume dan diposting di blog Link postingannya dikirim ke link pengumpulan tugas dan dishare di grup KBMN. Kami juga dulu begitu

Nah, di sini kami berlomba mengumpulkan link postingan resume. Cepet-cepatan, balap-balapan, secepat F1. Rasanya seru aja bisa berada di maksimal 5 besar pada urutan list link. Saya juga sering kalah cepat sama bu Helwiyah. Selama kegiatan, saya cuma 1 kali di posisi 1. Kenapa?

Karena yang lain ternyata bisa jauh lebih cepat mengirim linknya. Mungkin pake jalur lain. Seperti sudah kita ketahui, Resume adalah ringkasan atau rangkuman dari sebuah karangan atau tulisan yang panjang.

Dalam resume, kita hanya menuliskan kembali intisari atau pokok informasi tapi tidak menghilangkan detail atau bagian penting dari tulisan tersebut. Resume Isinya Apa Saja? Ada beberapa format tentang komponen yang harus ada dalam sebuah resume. Resume materi harus memuat informasi-informasi berikut: (1). Judul materi dan nama narasumber (2) Ringkasan singkat tentang tema utama materi. (3). Bagian-bagian penting dari materi yang dipilih untuk disertakan dalam resume.

Lalu, bagaimana Cara Menulis Resume dengan Benar? Cara Menulis Resume dengan Benar adalah (1) Amati materi dari Narasumber dengan baik. (2) Modifikasi materi yang diberikan narasumber menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku. (3) Hindari copy paste seluruh materi narasumber, (4) Kembangkan materi yang disampaikan narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related. (5) Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup. dan terakhir, (6) Yang terpenting dalam membuat resume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas.

Hal-hal penting (Important Things) in Writing Resume adalah (1) Tulis Resume dengan Paragraf Pendek-pendek. Karena, paragraf yang panjang cenderung membuat pembaca menjadi jenuh. (2) Tulis pernyataan narasumber dengan gaya Parafrashe, yaitu kalimat pengulangan yang dikemas dengan gaya bahasa sendiri Saya yakin, hal-hal yang berhubungan dengan resume ini sudah dipahami dan sudah diterapkan... bagi yang belum menerapkan, tinggal dirapikan di resume berikutnya.


Bagaimana supaya kita bisa cepat membuat resume dengan cepat di blog? .Selanjutnya agar bapak ibu bisa menulis resume dengan cepat dapat dilakukan dengan menggunakan 2 perangkat yaitu laptop atau PC dan HP, HP digunakan untuk menyimak materi lalu laptop/pc digunakan untuk membuat resume. Kalau ini opsional. Tapi kalau dilakukan akan mendukung kecepatan bapak ibu pada saat pengumpulan link.
Kita semua adalah penulis, namun tak jarang jika semua dari kita saling membaca tulisan satu sama lain. Berbeda ketika ada seorang penulis yang sudah terkenal seperti Asma Nadia misalnya, tanpa beliau suruh, kita pasti mencari Tulisannya Itulah sebabnya mengapa kita harus memiliki karakter dalam menulis. Harus memiliki kekhasan dalam bahasa tulisan. Ini penting untuk menambah bumbu dalam tulisan kita. Mengapa perlu cepat menulis Resume? Selalu menjadi yang tercepat di setiap mengumpulkan resume dapat mendatangkan banyak keuntungan. Selian blog kita ramai dikunjungi, salah satunya biasanya selalu mendapatkan hadiah kejutan berupa buku yang didapatkan dengan gratisan.
Kita harus yakin dan percaya diri dengan tulisan kita. Sebagai penulis pemula, memang bukan hal yang mudah untuk menumbuhkan sikap percaya diri untuk menjadi penulis handal, kita harus memupuk mental baja dalam menulis dengan cara (1). Tanamkan sikap percaya diri. Jangan merasa malu, karena tulisan yang kita anggap jelek akan menjadi luarbiasa bagi mereka yang tidak pernah belajar menulis. (2) Siap dengan segala kritikan. Meskipun terkadang budaya memuji lebih banyak dari budaya mengkritik, namun pujian itu harus membuat kita semakin memperbaiki tulisan. (3) Bangunlah tulisan di berbagai Blog. Hal ini amat perlu karena terkadang orang akan bosan melihat penampilan kita yang itu2 saja. Ibarat memakai baju, tentu orang akan bosan jika baju yang kita pakai hanya warna hijau saja. Itulah sebabnya tulisan harus memiliki warna lain, salah satunya tulisan kita pada blog lainnya.
Menulis di berbagai platform blog yang berbeda juga menanamkan mental penulis yang mudah beradaptasi dan tak segan memberi perubahan Apakah dari resume ini bisa menjadi buku? Ya. Tentu saja. Bagaimana menjadikan resume sebagai buku? (1) Buat TOC/Daftar isi. (2) Pilih resume yang akan dijadikan buku (3) Copas dan Pindahkan ke ms word. (4) Rapikan (5) Cari dan kirimkan penerbit.
"Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai teknik menulis resume. Semoga bermanfaat dan dapat membantu." ujar narasumber menutup sesi penyampaian materi.

Pada sesi ini juga ditampilkan beberapa gambar infografis untuk mendukung narasumber dalam memaparkan materinya.






Berikut adalah peserta yang mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab; 
1. Sutarni dari SDN 287/IX Tanjung Harapan
2. Mayarina dari UPTD SMPN 1 Kisaran
3. Feriati dari SMAN 1 Rembang
4. Ahmad Soleh dari Jakarta
5. Samsul Huda dari Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan
6. Fifi dari SMPN 2 Legum, Padang
7. Sari
8. Euis Nurmayanti dari SMP Makna Bakti Jakarta Pusat
9. Yuniarti Fitriani dari Mataram, NTB
10. Endang Suwarni RA Bustanul Jannah Sumbawa
11. Silvie, Serang, Banten
12. Asma dari Asma-Asma , Kalimantan Selatan
13. Seli dari SD Islam Al Fajar, Bekasi 
14. Anikawati, Lombok Barat

Narasumber menyampaikan kalimat penutup, "Menulislah selagi kita punya keinginan untuk menulis, Jangan abaikan keinginan tersebut dengan menghukumnya dengan kata-kata tidak bisa, tidak mampa dll. Tulislah apa yang lihat, dengar dan pahami. Tuangkan apa yang ada dalam pikiran kita dan biarkan ia mengalir kemana saja. Belajar dan membaca akan semakin menambah kemampuan kita untuk menuangkan tulisan. Segera ambil tindakan, praktikkan dan jangan ragu. Semoga apa yang kita inginkan akan tercapai dan sukses selalu untuk bapak ibu semua." 
Kalimat Penutup dari 

"Semoga Ilmu yang kita peroleh pada malam ini bermanfaat, aamiin", ujar moderator menutup sesi malam ini. 

5 comments:

Asma Khorunisan said...

Masyaalah, luar biasa

chikoyyoe said...

Mantapppp...

Samsul Huda said...

Semangat mantap 👍

guru bahasa inggris madrasah tsanawiyah indonesia said...

Terimakasih, sampai jumpa pada sesi berikutnya

Bloger muda said...

Wih keren lengkap dan resum 1 dan 2 ditautkan