Monday, June 26, 2023

KBMN PGRI 29; Pertemuan ke-4 bersama Aam Nurahasanah


Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Gelombang 29

Resume ke : 4
Tanggal : 26 Juni 2023
Tema : Gali Potensi Ukir Prestasi
Narasumber : Aam Nurhasanah, S.Pd
Moderator : Mutmainah, M.Pd



Pukul 12:19, Sebuah postingan di WAG, "Setiap diri ingin memiliki pencapaian tertinggi. Komitmen, kerja keras kita ayunkan untuk menggapai setiap prestasi. Mengapa tidak berusaha memanfaatkan potensi yang ada pada diri kita? Yaa potensi kita sebagai penulis. Dengan menulis kita akan berprestasi. Dengan menulis kita akan mencapai kesuksesan. Bagaimana caranya? Butuh seorang pakar untuk memantik semangat kita. So, siapapun yang ingin mengukir prestasi melalui menulis jangan lewatkan kelas malam ini. Stay tune di chanel yang sama.Hanya di KBMN 29"

Aam Nurhasanah adalah salah satu blogger di kompas.com. Dari laman profilnya tampak bahwa ia telah membuat 107 (seratus tujuh) artikel, yang sudah dilihat sebanyak 18,105 (delapan belas ribu seratus lima) kali. 

Berikut adalah biografi beliau AAM  NURHASANAH,S.Pd. Lahir di Cipanas, tanggal 12 Agustus 1988. Menempuh masa pendidikan di SD  Negeri Bintangresmi 02, SMP Negeri 1 Cipanas, SMA Negeri 1 Cipanas, Kuliah S1 di STKIP SETIA BUDHI Rangkasbitung, Prodi DIKSATRASIADA dan lulus tahun 2013. Lalu pada tahun 2011 sudah mengabdikan diri di Ponpes Modern  SMP-SMKS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS (MAHIDA), Lebak-Banten. Aktif di MKKS Wilbi III, MGMP Bahasa Indonesia Wilbi III dan sampai sekarang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Pada tanggal 04 Maret 2019, beliau mendapat kepercayaan oleh Mudir-Mudiroh Pimpinan Yayasan Ponpes MAHIDA yaitu K.H. Acep Amarullah dan Ibu Enung Nurhayati untuk menjadi kepala sekolah di SMPS MATHLA UL HIDAYAH CIPANAS (SMPS MAHIDA), sampai sekarang di Kp. Hamberang, Desa Luhurjaya, Kecamatan Cipanas, Kab. Lebak, Provinsi Banten.

Hobi yang beliau miliki adalah menulis. Hobi ini jadi sebuah kebiasaan baru dan rutinitas setiap hari. Berkat grup menulis ini ia sangat suka sekali menulis di  blog. Grup ini dibuat oleh Om jay dan telah sukses menularkan virus ngeblog sampai melahirkan buku antologi berjudul ”SEMANGAT MENULIS BERSAMA BU KANJENG” Juli 2020, buku solo saya yang  berjudul “MENGUKIR MIMPI JADI PENULIS HEBAT”   terbit bersamaan dengan buku antologi “KISAH INSPIRATIF SANG GURU” Oktober 2020. Semakin semangat saat mengikuti kelas AISEI. Peserta ditantang menulis setiap hari dengan menggunakan sebuah foto dan menuliskannya minimal 100 kata setiap hari.

Beliau juga saya adalah pengagum Omjay. Kalimat pendorong yang disampaikan Om Jay adalah “Gajah mati meninggalkan gading, Blogger mati meninggalkan posting”, “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi”.

Ibu Aam Nurhasanah dapat dihubungi melalui Alamat email: aamnurhasanah120888@gmail.com. No WhatsApp 085710996088. Nama Facebook: Aam Nurhasanah. Akun Instagram aamnurhasanah88. Alamat rumah saya di Kp. Gajrug, RT 005/002, Desa Bintangresmi, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kode pos 42372.

Tema menulis malam ini, Gali Potensi Ukir Prestasi, kita bisa memulainya dari hal yang kita sukai dan hal yang kita kuasai. Misalnya, jika kita suka menulis. Maka kita mulai dari kegiatan menulis.

Berikut adalah hasil pencarian kata potensi di KBBI; 
potensi/po·ten·si/ /poténsi/ n kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya;

berpotensi/ber·po·ten·si/ v mempunyai potensi

sedangkan prestasi adalah prestasi/pres·ta·si/ /préstasi/ n hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya): ia merasa kecewa terhadap -- yang telah dicapai anak asuhnya; -- nya itu telah menumbangkan rekor sebelumnya;
-- akademis hasil pelajaran yang diperoleh dari kegiatan belajar di sekolah atau perguruan tinggi yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian;
-- belajar penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru;
-- kerja hasil kerja yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya; kinerjaberprestasi/ber·pres·ta·si/ v mempunyai prestasi dalam suatu hal (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya): kotamadya itu ~ baik dalam bidang pembangunan

berarti kita harus mengenali kemampuan apa yang kita miliki, mengembangkannya untuk mencapai hasil. 

Berikut adalah pengalaman saya; Seperti yang moderator katakan. Banyak para penulis di KBMN yang mulai dari NOL besar pada akhirnya bisa melahirkan puluhan buku. Semuanya butuh proses dan tidak instan. Saya adalah contoh peserta gagal BM 8 yang kembali mengulang kelas di BM 12. Namun, hal itu tak menyurutkan semangat untuk belajar dan terus berproses hingga akhirnya fokus dan lulus.

Saat jadi peserta BM 12, semangat saya berkobar sejak menerima materi dari Bunda Kanjeng. Pada saat itu semua peserta diminta menuliskan pengalaman mengikuti materi bunda untuk dijadikan sebuah buku antologi. Yah, buku pertamaku lahir. Sebuah buku antologi yang berjudul _Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng._ Bahagia rasanya ketika nama saya ada di urutan pertama dari 42 penulis se-Indonesia

Setelah mengikuti tantangan kurator dan banyaknya pengalaman menulis, ada seorang murid yang bekerja sebagai TKW di Arab Saudi meminta saya untuk mengedit novelnya.  Nama murid saya adalah Juminah. Merupakan alumni Ponpes Mathla'ul Hidayah Cipanas tempatku mengabdi selama 12 tahun. Juminah mengirimkan tulisan hanya melalui WA. Butuh kesabaran ekstra menyatukan beberapa tulisan hinggak akhirnya menjadi sebuah tulisan yang utuh. Akhirnya novel Juminah yang berjudul Seindah Takdir Cinta menemui takdirnya dan berhasil dicetak dengan tebal 300 halaman. Juminah menulis di sela-sela aktivitas bekerja. Motivasi menulisnya sangat bagus dan sangat menginspirasi. Muridnya lebih dulu menerbitkan novel dibandingkan dengan gurunya. 

Guru hebat adalah guru yang bisa menjadikan muridnya lebih hebat dari gurunya. Rasanya bahagia saat mewujudkan mimpi Juminah, meraih mimpinya menjadi seorang penulis novel. Novel ini berisi kisah perjuangan Juminah yang merelakan masa remajanya untuk bekerja sebagai TKW usai lulus SMK. Juminah menjadi tulang punggung keluarga untuk membiayai sekolah adik-adiknya sampai akhirnya menemui cinta sejatinya. Setelah mengedit novel Juminah, sejak saat itu banyak naskah teman2 KBMN yang diedit oleh saya di antaranya adalah Buku Solo Tazah Mutmainah yang berjudul Meraih Gelar Penulis.

Setelah itu, saya kembali mengasah diri ikut tantangan menulis selama 40 hari dengan tema Karena Menulis Aku Ada(KMAA). Tantangan ini melahirkan buku solo ke-4 dengan judul RAJIN MENULIS BERBUAH MANIS. Seperti judul buku solo ke-4, Rajin menulis berbuah manis membuat diri mengabadikan semua momen berharga sebagai jejak literasi jika kelak kita telah tiada.

Menggali Potensi yang dimiliki membutuhkan proses dan tidak seperti memakan cabai langsung terasa pedasnya. Setelah memiliki pengalaman dari peserta menulis, moderator, kurator, juara blog, hingga menjadi seorang editor. Akhirnya tidak hanya tawaran sebagai narasumber yang berdatangan. Saya juga diminta Omjay menjadi salah satu juri lomba blog tingkat nasional. Ternyata dari seorang peserta yang gagal, bisa meraih prestasi yang gemilang. 
Cara untuk memulai tulisan bisa dimulai dengan hal yang Kita sukai. Lalu kumpulkan kata-kata. Buat jadi 3 paragraf, paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup. Paragraf pembuka bisa dimulai dengan kalimat motivasi, pantun, atau puisi supaya tulisan lebih menarik. Jangan bimbang atau ragu ketika menulis. Karena sesungguhnya tulisan yang biasa menurut Anda, bisa luar biasa bagi orang lain. Intinya, percaya diri dan terus publikasikan. Karena pisau saja semakin hari semakin tajam jika diasah. Begitupun keterampilan menulis kita. 

Luangkan waktu untuk menulis satu halaman setiap hari. Jangan Menunggu Waktu luang BARU MENULIS, tapi LUANGKANLAH WAKTU UNTUK MENULIS.

7 comments:

Aloysius Suparno said...

Mantab, salam kenal Pak

chikoyyoe said...

Kerennn..

Na said...

Ok pak. 👍 Luangkan waktu untuk menulis.

AAM NURHASANAH, S.Pd. said...

Resumenya sudah bagus. Bapak bisa kembangkan lagi dengan bahasa sendiri ya. Semangat terus

Samsul Huda said...

Mantap bapak

Emon Sulaiman said...

Semangat pak

Bloger muda said...

Resum no 1 ayooo menulis terus