Monday, June 19, 2023

KBMN PGRI 29; Pertemuan Ke-1 Bersama Om Jay

Bandar Lampung di pulau Sumatera, Pergi ke Palembang naik kereta.

Assalamu'alaikum Wr. Wb. saudara-saudara. Ijinkan saya untuk menyapa. 

Apa kabar bapak ibu hebat peserta KBMN Gel 29? Semoga semua selalu dalam keadaan sehat wal'afiat dan siap untuk belajar. Aamiin. Perkenalkan, Nama saya Winarno. Salah seorang peserta  KBMN gelombang 29 pertemuan pertama. Senang sekali pada kesempatan ini dapat  bergabung di grup orang-orang hebat, orang-orang yang haus akan ilmu dan berkeinginan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dengan karya melalui tulisan (artikel, antology dan buku). 



Pemateri malam ini adalah Om Jay, bertindak sebagai moderator adalah Ibu Raliyanti. Om Jay, begitu orang mengenalnya, sebenarnya beliau bernama asli Wijaya Kusumah, dari namanya bisa ditebak bahwa beliau berasal dari Jawa Barat. Perkenalan dengan Om Jay berawal dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar PGRI. 

Sebagai seorang guru Bahasa Inggris yang mendapatkan tambahan sebagai guru TIK (saat ini berganti nama menjadi Informatika), saya berkeinginan mengupdate diri dengan mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan diri. 

Seminar Nasional Penguatan Guru informatika, 28 Juni 2019 

Selain berjumpa secara langsung, penulis juga berkesempatan mengikuti kegiatan online (dalam jaringan atau daring) bersama Om Jay, beliau melalui jaringannya sering mengirimkan flier kegiatan webinar. 


Salah satu flier Webinar bersama Om Jay



Salah satu tangkapan layar pada kegiatan webinar bersama Om Jay

Beliau aktif berkiprah sebagai pegiat literasi, hal ini sudah tidak diragukan lagi. Seseorang yang sangat menginspirasi dan begitu low profile. Beliau juga yang membentuk komunitas Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) yang saat ini sudah mencapai gelombang ke-29. Slogan yang selalu beliau gaungkan adalah "menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi."

Setelah beliau memaparkan materinya melalui chat whatsapp grup, moderator mempersilahkan peserta untuk bertanya. Beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan antara lain; 

  1. Anikawati dengan pertanyaannya; Bagaimana cara mengatasi blank (kosong) saat menulis?; Apakah menulis ringkasan materi  mapel tertentu bisa dijadikan buku solo?
  2. Asep Supriadi dari Jakarta Timur dengan pertanyaannya; Bagaimana tips mencegah agar tulisan kita yg diupload ke blog tidak mengundang kontroversi dan viral di media. 
  3. Lily dari Alor dengan pertanyaannya; Apakah  resume yang kita kumpulkan  di blog harus sesuai dengan materi yang kita terima setiap pertemuan atau apa saja bisa kita tulis? Apakah ada batas waktu untuk pengumpulan resumenya setiap hari?
  4. Ahmad Soleh, Bagaimana menjaga fokus dalam menulis, misalnya sedang menulis sebuah tulisan lalu ada tema lain yang menarik hati untuk di tulis, kita utamakan fokus pada tulisan yang ada atau dengan tulisan baru yang kita sedang tertarik?
  5. Pujihastuti dari Kab.Bekas, dengan pertanyaanya Apakah tugas resume wajib pada link melintas.id atau bisa di blog yg sdh kita miliki? Jika tugas resume hari ini misalnya tertinggal / lupa mengirim. Apakah bisa dirapel besoknya. 

Om Jay menyawab pertanyaan-pertanyaan peserta dengan lugas, lalu Om Jay menutup sesi malam ini dengan mengucapkan, "Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat malam semuanya, semoga kita sellau sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta."

Temukan resume lainnya di

Pertemuan 1: http://bulletinbijak.blogspot.com/2023/06/kbmn-pgri-29-rekapitulasi-resume.html

Pertemuan 2: https://bulletinbijak.blogspot.com/2023/06/kbmn-pgri-29-rekapitulasi-resume_24.html



5 comments:

Umi Logandu said...

Lengkap

Fannie Radjib said...

Keren bu Lanjutkan

Raliyanti said...

mantap.. tetap semangat menulis

Mayarina said...

Wow bapak sebelumnya sudah pernah berkomunikasi dengan Om Jay ya.

Anikzifi said...

Masyaallah, tulisan yang luar biasa pak Win. Semoga melalui tulisan2 ini dapat menjadi ladang ibadah.
Terimakasih juga saya sampaikan pak Win. Saya tidak menyangka kalau pertanyaan yang saya ajukan semalam pak guru muat di tulisan bapak ini. Salam sukses selalu pak.