Tuesday, February 14, 2023

Melibatkan Siswa dalam Menjaga Kebersihan Madrasah

Siswa sebagai warga madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan dan keasrian madrasah.

Wali kelas biasanya melalui rapat kelas menentukan perangkat kelas yang memiliki tugas bersama untuk mengatur dan mengelola kegiatan di kelas, secara umum organisasi kelas terdiri atas ketua kelas, sekretaris kelas dan bendahara, selain itu  juga ditetapkan berbagai seksi antara lain seksi kebersihan, ketertiban dan juga keamanan. 

Seksi-seksi lalu membentuk penanggung jawab kegiatan kebersihan, ketertiban dan keamanan yang memiliki deskripsi tugas masing-masing. Lalu terbentuklah petugas piket harian yang memastikan kebersihan kelas. 

Kebersihan meliputi kebersihan lantai, laci meja juga kaca dan papan tulis. Pihak madrasah telah menyediakan kotak sampah dan alat kebersihan lain yang dibutuhkan. Siswa diharapkan membuang sampah makanan dan lain-lain ke tempat sampah yang telah disediakan. 

Lalu tim yang bertugas akan membawa tempat sampah yang sudah penuh ke tempat pengumpulan sampah yang ada di madrasah, selanjutnya pihak dari dinas kebersihan akan mengambil sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir. 

Selain kegiatan menjaga kebersihan kelas secara harian, pada moment tertentu dilaksanakan kegiatan menjaga kebersih di halaman dan lingkungan madrasah. Siswa turut melakukan perawatan tanaman hias yang ada di sekitar madrasah, tentu saja dengan pendampingan guru. 

Siswa didampingi guru turut merawat tanaman hias yang ada di madrasah


No comments: