Sunday, February 12, 2023

Pasar Ganjar Agung Joyodiharjo (PARGOY)

Ganjar Agung adalah salah satu wilayah yang ada di kecamatan Metro Barat. Ganjar Agung terbagi menjadi empat wilayah Ganjar Agung 14.1, Ganjar Agung 14.2, Ganjar Agung 14.3 dan Ganjar Agung 14.4.

Di Ganjar Agung 14.2 terdapat jalan yang bernama Joyodiharjo, nama jalan ini adalah bentuk penghormatan kepada Almarhum Joyodiharjo seorang bayan (Pamong) di kampung tersebut.

Pemuda setempat berinisiatif membuat pasar UMKM yang diberi nama PARGOY, inisiatif ini didukung sepenuhnya oleh Dr. Sowiyah, M.Pd. seorang akademisi Universitas Lampung yang merupakan istri dari Bapak Dr. Suwarjo, M.Pd salah satu putra dari alm. Joyodiharjo. 

Pasar UMKM masih didominasi jualan makanan baik makanan tradisional, seperti jajanan pasar, gudeg, bothok  maupun makanan kekinian seperti aneka olahan berbahan dasar terigu dan daging/ikan olahan seperti dimsum, burger, sosis. Juga hadir aneka minuman dan salad buah.

Selain itu ada juga kegiatan edukasi, olahraga dan hiburan seperti mewarnai, senam dan penampilan seni.

Area PARGOY adalah sebagian ruas jalan Joyodiharjo, kurang lebih 300 meter pada bagian ujung jalan diberi pembatas dan dijaga oleh para pemuda yang mengenakan seragam khusus, berupa kaos berwarna hitam bertuliskan PARGOY.

Petugas ini membuat portal dari bambu yang dibuka jika ada pengunjung yang datang. Pengunjung diarahkan untuk memarkir kendaraannya di tempat yang disediakan.


Spanduk Selamat datang kepada pengunjung PARGOY 


Dengan demikian pengunjung akan merasa aman ketika "menjelajahi" sekitar 60an (enam puluhan) yang ada disisi kanan dan kiri jalan. 

Sampai hari ini Minggu, 12 Februari 2023, PARGOY telah hadir 8 kali. Pengelola PARGOY berusaha terus berinovasi agar gelaran pasar UMKM tetap ramai pengunjung. Salah satunya dengan menggandeng pihak-pihak lain, misalnya pada hari ini menampilkan hiburan jaranan bujang ganong dan akustik.




No comments: