Tuesday, February 14, 2023

Belajar Kurikulum Merdeka

Bimtek diikuti oleh dewan guru MTsN 1 Bandar Lampung sebanyak 73 peserta. Kegiatan yang berkaitan dengan kurikulum merdeka sudah beberapa kali dilakukan. Baru-baru ini seluruh Dewan Guru mengikuti bimtek serupa yang diselenggarakan oleh Direktorat KSKK Madrasah pada awal akhir Januari hingga awal Pebruari lalu.


Bertindak sebagai pengantar acara adalah Bapak Irfan Ma’arif, setelah membuka acara dengan melafazkan umul kitab, Surat Alfatihah, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Bapak ustadz Supiyani, S.Pd.I.


Acara berikutnya acara sambutan dari Kepala MTsN 1 Bandar Lampung, Bapak Drs. H. M. Iqbal. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada seluruh dewan guru untuk dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Berbagai upaya dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter antara lain melalui kegiatan sholat Dhuha, shalat Dhuhur serta Dzikir dan Doa.


Usai sambutan kepala madrasa, acara berikutnya adalah do’a yang dipimpin oleh Bapak ustadz Muhaimin Muhammad.


Selanjutnya ada pemaparan materi oleh Bapak Drs. Dani Maulana, M.Si, dari Balai Penjaminan Pendidikan Propinsi Lampung yang dimoderatori oleh Ibu Yunia Mertasanfara.

Usai pemaparan materi dilakukan istirahat dan sholat, pada sesi kedua yang dimulai pada pukul 13 WIB yang dimoderatori oleh Ibu Pusporini.

Materi bimtek ini antara lain adalah Kurikulum merdeka belajar ialah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Dengan kurikulum ini maka pembelajaran akan lebih maksimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensinya.

Asesmen diagnotik non kognitif, dilakukan untuk mengetahui karakter belajar siswa. Asesmen diagnostik kognitif, Asesmen formatif dan asesmen sumatif.

Aktifitas bersepeda, diartikan sebagai gaya belajar kinestetik dimana dia suka melakukan kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktifitas fisik.





No comments: