Wednesday, February 1, 2023

Pembelajaran Bahasa Inggris; Things around us

Assalamualaikum wr wb, Good Morning, Alhamdulillah kita bertemu lagi dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Pada sesi ini kita akan bekerja bersama mengidentifikasi benda-benda atau kegiatan-kegiatan yang ada/dilakukan di sekitar kita. Kegiatan ini akan sangat membantu mengenal benda-benda/kegiatan dalam kategori tertentu sebagai upaya untuk membangun kosakata (Vocabulary building).

Selanjutnya memberikan contoh, misalnya kategori “colors” maka akan muncul dibenak kita, “red, blue, white dan black”, demikian juga dengan kategori “food” maka akan muncul dibenak kita “noodle, meatball, pizza juga fried rice”.

Setelah memberikan dua contoh diatas, selanjutnya guru memberikan keyword lainnya dengan menuliskan di papan tulis atau dapat juga dilakukan secara digital dengan membagikan link laman ini melalui WA grup. 

Siswa diminta menyiapkan buku tulis dan pena, lalu meminta mereka menulis kategori dan mencari setidaknya 4 contoh benda atau kegiatan yang sesuai.

1. Things in the class 
  1. table, 
  2. chairs, 
  3. clock, 
  4. white
2. Things in the pencil case 
3. Drink
4. Soft drinks
5. Container
6. Men wear
7. Woman wear
8. Flower
9. Food
10. Fast food
11. Snack
12. Vehicles
13. Transportation
14. Social media
15. School facilities
16. Hospital
17. Restaurant
18. Airport
19. Movie
20. Novel
21. Liquid
22. Fruits
23. Eating utensil
24. Bathroom
25. Bedroom
26. Electronics
27. Plant
28. Planets
29. Public Facilities
30. Animals
31. Living room
32. Part of car
33. Activities in the class
34. Activities at school
35. Activities in the mall

Lalu siswa diminta untuk mempresentasikan hasil temuannya dengan terlebih dahulu membandingkan dengan temuan teman-temannya dengan menambahkan benda-benda/kegiatan yang lain. 

Sebagai kegiatan lanjutan siswa diminta membuka Canva, memilih template konten Instagram (Instagram post), tuliskan kategori di tengah, dan benda-benda/kegiatan, sisipkan gambar pendukung yang sesuai. Pilih 5 kategori dari daftar di atas, lalu kirimkan melalui link yang disediakan.



Berikut adalah contoh karya mereka; 


























No comments: