Sunday, February 12, 2023

Perlombaan sebagai ajang asah kompetensi siswa


Perlombaan menurut KBBI adalah kata benda (nomina) yang berarti (1) kegiatan mengadu kecepatan (keterampilan, ketangkasan, kepandaian, dan sebagainya); (2) tempat berlomba;~ senjata Pol usaha suatu negara atau persekutuan beberapa negara untuk mendapatkan keunggulan militer atas lawan-lawannya, baik melalui penambahan persenjataan konvensional maupun peningkatan persenjataan strategis berteknologi canggih. 

Beberapa sekolah/madrasah menyelenggarakan aneka lomba tahunan sebagai budaya/tradisi sekolah/madrasah. Penyelenggaraan lomba dijadikan sebagai ajang pembuktian kemampuan organisasi yang ada di sekolah/madrasah menyelenggarakan kegiatan baik tingkat kabupaten, propinsi maupun nasional. 

Secara umum panitia penyelenggara membuat promosi kegiatan, rekrutmen peserta, menghubungi pihak lain untuk menjadi sponsor,  dan membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan. Kegiatan lomba bagi penyelenggara juga dimaksudkan untuk menjaring calon peserta didik baru, dimana pemenang lomba biasanya mendapatkan voucher pendaftaran dengan berbagai iming-iming. 

SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung menyelenggarakan AIC 2023 dari Jumat - Minggu, 10-12 Pebruari 2022. 

Dalam kegiatan ini MTsN 1 Bandar Lampung membawa pulang 4 buah piala berhasil dibawa pulang oleh Kontingen MTSN 1 Bandar Lampung dalam ajang AIC 2023 yang diselenggarakan oleh SMA Al Azhar 3. Dengan demikian membawa MTsN 1 Bandar Lampung menjadi juara umum pada gelaran AIC 2023 SMA Al Azhar 3 Kota Bandar Lampung. Tim MTsN 1 Bandar Lampung mendapatkan Juara 1 pada dua cabang lomba dan juara 3 untuk satu cabang lomba. Lomba berlangsung di kampus SMA Al Azhar 3.

Kontingen MTSN 1 Bandar Lampung dengan koordinator Ibu Laskmi Kholifah didampingi oleh beberapa guru, antara lain Ibu Irta Rizka, Ibu Septi Andriati, Ibu Heni Herawati, Ibu Eti Kartika, Bapak Mustafid, Bapak Sa’id dan Bapak Winarno.

Kontingen MTsN 1 Bandar Lampung mengikuti berbagai cabang lomba antara lain story telling, lomba baca dan cipta puisi, lomba azan, gambar ranking 1, lomba dai, lomba Solo song dan futsal.

Tim futsal MTsN 1 Bandar Lampung mendapatkan bye, lalu berhasil mengalahkan tim SMPN 14 Bandarlampung dengan skor 5-2, namun belum berhasil melaju ke babak berikutnya setelah menang melawan tim SMPN 19A dengan skor 6-1. Namun perjuangan harus terhenti di setelah kalah melawan tim SMPN 8 Bandar Lampung dengan skor 2-1, dengan demikian tim futsal MTsN 1 Bandar Lampung masuk dalam delapan besar pada event ini. 







No comments: