Thursday, May 7, 2020

Motivasi Menulis Buku dan Berprestasi oleh Bapak Dr. Imron Rosidi

Kegiatan menulis hari ini 5/7/20,  dimulai pada pukul 12:52 PM. Kegiatan diawali dengan ibu Tere yang mengirimkan link daftar hadir berupa google form. Selanjutnya Ibu Tere menyampaikan bahwa, "Sebentar lagi kita mengikuti materi hari ini. Jangan lupa diisi dulu daftar hadirnya. Terima kasih.

Bapak Dr. H. IMRON ROSIDI, S.Pd., M.Pd., memiliki sederat prestasi antara lain;

  1. Juara III Lomba Penulisan Buku tingkat nasional tahun 2004
  2. Juara III Lomba Karya Ilmiah Jawa Timur tahun 2005
  3. Juara II tingkat Nasional Lomba Keberhasilan Guru tahun 2006
  4. Terpilih sebagai peserta pertukaran tokoh masyarakat Indonesia-Amerika 2006
  5. Juara II  Lomba Penulisan Buku tingkat nasional tahun 2009
  6. Penulis artikel terbaik versi majalah Media Jatim tahun 2010 dan 2011
  7. Juara I Guru Prestasi Tingkat nasional tahun 2011
  8. Juara I Guru Prestasi tingkat Jatim tahun 2011
  9. Terpilih menjadi peserta kunjungan ke Australia tahun 2013
  10. Juara Lomba Best Practice Tingkat Nasional tahun 2014
  11. Juara 1 Menulis Legenda Pasuruan 2016
  12. Instruktur Nasional Kepala Sekolah Kurikulum 2013 Tahun 2015
  13. Narasumber untuk Instruktur Nasional Kurikulum 2013 untuk guru
  14. Narasumber penulisan buku tingkat nasional
  15. Narasumber penyusunan PKB Guru dan KS
  16. Penulis buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM   Press, Kanisius, Sidogiri Press, dll.
  17. Penulis artikel populer dalam majalah Media Jatim dan Radar Bromo serta   artikel ilmiah pada beberapa Jurnal.
  18. Juri Lomba Guru Prestasi Tingkat Jawa Timur selama 4 tahun
  19. Koordinator penilaian DUPAK Guru dan KS tingkat Jawa Timur

Selanjutnya Om Jay kembali menyapa dengan mangatakan, "Materinya agak berbeda dengan kemarin. Sekarang Motivasi menulis buku. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat siang guru guru hebat Indonesia. Senang sekali bisa berjumpa anda kembali hari ini walaupun hanya lewat WA group. Siang ini kita akan mendapatkan pengetahuan tambahan dari Bapak Dr. Imron Rosidi. Kami persilahkan menyampaikan materinya". 

Saat ini marilah kita memotivasi diri untuk menjadi guru penulis, yaitu guru yang visioner. Setelah kemarin fokus materi menulis untuk kenaikan pangkat, sekarang fokus ke menulis buku. Sebenarnya tidak ada orang yang tidak bisa menulis buku, yang ada adalah orang yang tidak mau menulis buku. Mengapa demikian? Karena menulis itu mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan. Bukankah semua orang memilik gagasan, pikiran dan perasaaan? Nah, berarti kita semua pastilah bisa menulis. Pertanyaan berikutnya mengaa seseorang bisa dengan  lancar berbicara. 

Kalau kita perhatikan sebagian besar waktu sebagian besar orang digunakan untuk berbicara, kita lihat setiap bertemu langsung berbicara tanpa harus berpikir dengan keras tetapi mengapa ketika menulis kita kesulitan. Walaupun sebenarnya kedua-duanya sama yaitu mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan. Menulis memiliki beberapa persyaratan, apa saja syaratnya? Syaratnya antara lain adalah  mau, tekun, nekat, dan baca. 

Baiklah kembali lagi ke komitmen kita untuk menulis buku. Perhatikan tayangan saya berupa tulisan mahasiswa yang merupakan santri saya di pondok Sidogiri dan salafiyah, juga tulisan dari para guru. Jadi, saya yakin bapak ibu bisa menulis. Nah, mengapa guru tidak menulis? Ada 2 jawaba atas pertanyaan tersebut, jawaban pertama adalah belum menemukan alasan mengapa harus menulis dan alasan kedua adalah tidak tau cara menulis.

Berdasarkan alasan diatas maka ada dua jawaban yaitu pertama kita perlu mengetahui alasan menulis dan kedua memiliki keterampilan menulis. 

No comments: