Wednesday, May 6, 2020

Webinar Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Flipgrid

Mengenal aplikasi flipgrid, kegiatan ini dilakukan pada 2 mei 2020, hari pendidikan nasional, kegiatan diprakarsai oleh komunitas sultra cerdas, berkolaborasi dengan salah satu penggerak penggunaan Flipgrid, Eric Kunto Aribowo, S.S., M.A. Lahir di Yogyakarta pada 7 Maret 1986. Saya memiliki minat riset di bidang linguistik khususnya onomastik, sosiolinguistik, dan linguistik lanskap. Selain itu, saya juga memiliki hasrat yang kuat tentang teknologi pendidikan. Tiga kali saya mendapatkan hibah penelitian kompetitif nasional (2016-2018) dan menjadi pendamping Program Hibah Bina Desa (2018). Pengembangan diri sekaligus pengabdian saya lakukan melalui pelatihan pemanfaatan mobile learning kepada para guru serta pengelolaan riset dan publikasi bersama Relawan Jurnal Indonesia. Sementara itu, kerja sama internasional dengan menjadi ambassador di Center for Open Science, Figshare, dan Protocols untuk mendorong keterbukaan riset; serta ambassador di Quizlet, Kahoot!, dan Wakelet untuk mendampingi para guru menuju pembelajaran abad ke-21.

Kegiatan berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam, dengan peserta sebanyak enam ratus dua puluh dua orang di saat awal acara. Acara dibuka oleh moderator dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua komunitas sultra cerdas, Bapak Baharuddin, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir pada video conference kali, nara sumber Cik Goh Ming dari Malaysia, terima kasih kepada panitia, juga direktorat SMK yang telah menyediakan jaringan webex, bertindak sebagai moderator Umi Vira Lestari. Ia juga menyampaikan bahwa sultra cerdas adalah komunitas guru belajar yang sudah menyelenggarakn Vicon, kali ini adalah edisi 36. Slogan sultra cerdas adalah belajar tanpa henti dan berbagi tanpa batas. Ia mengharapkan sultra cerdas dapat menjadi penggerak dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. 

Edisi 2 Mei ini menghadirkan Cik Goh Ming dari Malaysia. Covid-19 telah merubah proses pembelajaran. Sultra cerdas kali ini bekerja dengan IGI Provinsi Sulawesi Tenggara, Bapak Jasmin Suryadi

Ketua IGI Sulawesi Tenggara, Bapak Jasmin Suryadi. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memungkinkan berlangsungnya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan solusi dalam masa-masa sulit seperti sekarang ini. 


Peserta yang hadir dari awal hingga akhir berhak mendapatkan sertifikat yang dapat didownload disini

Simak Videonya disini

No comments: