Monday, July 25, 2022
Friday, July 22, 2022
How to make Tiktok Video
Preparation:
1. Install Tiktok into you device;
2. Create your accoutn.
Steps:
- Tap + at bottom of the screen.
- Upload content from your device Library or use the TikTok camera.
- Add Sounds, Effects, Filters, or other camera tools.
- Start your video by pressing the Record button.
- Record your content.
- Tap the check mark.
- Make additional edits on the post page.
- Post your video!
Tuesday, July 19, 2022
MTsN 1 Bandar Lampung; Wawasan Adiwiyata
MTsN 1 Bandar Lampung
Wawasan Adiwiyata
http://twb.nz/mtsn1bandarlampunggogreen
Pilih foto lalu atur, unduh, kirim ke
https://forms.gle/mKr8Jofp9e4xxxZN8
Silahkan jawab pertanyaan berikut
https://forms.gle/PV5mZc6qDWS6ppF7A
Selamat bekerja.
MTsN 1 Bandar Lampung; masyarakat digital
Masyarakat digital
Pilih foto lalu atur, unduh, kirim ke
https://forms.gle/mKr8Jofp9e4xxxZN8
Silahkan jawab pertanyaan berikut
https://forms.gle/jJmxC2t2bziAxYnHA
Selamat bekerja.
Monday, July 18, 2022
Pembelajaran Bahasa Inggris 8F
Assalamualaikum wr wb, pertemuan pertama pembelajaran Bahasa Inggris semester ganjil 2022-2023.
Silahkan klik twb.nz/english8f , pilih foto kalian yang sudah diberi nama, download.
Kirimkan hasil download fotomu ke https://forms.gle/mKr8Jofp9e4xxxZN8
Selamat bekerja.
Thursday, July 14, 2022
Pembelajaran Bahasa Inggris; English4U part 4
Bapak/Ibu yang hebat, ijin share ya.
Mari ajak anak-anak / peserta didik untuk mengikuti kegiatan berikut
Selamat menikmati liburan, ayo luangkan sedikit waktu untuk menambah kosakata bahasa Inggris.
Peserta didik mengklik link yang disediakan lalu memasukkan foto yang sesuai, mendownload lalu mengirim ke link yang disediakan.
Kirimkan jawaban ke
https://forms.gle/yoW3BzvJiBDFQ5kz6
Peserta yang mampu menjawab 90% (18 gambar) benar, berhak mendapatkan sertifikat. Selamat mencoba.
Edisi sebelumnya:
Part 1 Klik disini
Part 2 Klik disini
Part 3 Klik disini
Wednesday, July 13, 2022
Pembelajaran Bahasa Inggris; English4U part 3
Bapak/Ibu yang hebat, ijin share ya.
Mari ajak anak-anak / peserta didik untuk mengikuti kegiatan berikut
Selamat menikmati liburan, ayo luangkan sedikit waktu untuk menambah kosakata bahasa Inggris.
Peserta didik mengklik link yang disediakan lalu memasukkan foto yang sesuai, mendownload lalu mengirim ke link yang disediakan.
Kirimkan jawaban ke
https://forms.gle/yoW3BzvJiBDFQ5kz6
Peserta yang mampu menjawab 90% (18 gambar) benar, berhak mendapatkan sertifikat. Selamat mencoba.
Edisi sebelumnya:
Part 1 Klik disini
Part 2 Klik disini
Friday, July 8, 2022
Pembelajaran Bahasa Inggris; English4U part 2
Bapak/Ibu yang hebat, ijin share ya.
Mari ajak anak-anak / peserta didik untuk mengikuti kegiatan berikut
Selamat menikmati liburan, ayo luangkan sedikit waktu untuk menambah kosakata bahasa Inggris.
Peserta didik mengklik link yang disediakan lalu memasukkan foto yang sesuai, mendownload lalu mengirim ke link yang disediakan.
Kirimkan jawaban ke
https://forms.gle/yoW3BzvJiBDFQ5kz6
Bagi peserta yang mampu menjawab 90% (18 gambar) benar, berhak mendapatkan sertifikat. Selamat mencoba.
Edisi sebelumnya:
Klik disini
Tuesday, July 5, 2022
Pembelajaran Bahasa Inggris
- twb.nz/english4u023
- twb.nz/english4u022
- twb.nz/english4u021
- twb.nz/english4u020
- twb.nz/english4u019
- twb.nz/english4u018
- twb.nz/english4u017
- twb.nz/english4u016
- twb.nz/english4u015
- twb.nz/english4u014
- twb.nz/english4u013
- twb.nz/english4u012
- twb.nz/english4u011
- twb.nz/english4u010
- twb.nz/english4u009
- twb.nz/english4u008
- twb.nz/english4u007
- twb.nz/english4u006
- twb.nz/english4u005
- twb.nz/english4u004
- twb.nz/english4u003
- twb.nz/english4u002
- twb.nz/english4u
- twb.nz/english4u0220070205
- twb.nz/english4u0220070204
- twb.nz/english4u0220070203
- twb.nz/english4u0220070202
- twb.nz/english4u0220070201
Monday, July 4, 2022
KURIKULUM MERDEKA; Capaian pembelajaran Bahasa Inggris
Capaian pembelajaran Bahasa Inggris
Fase D
Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal. Peserta didik dapat menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris.
Capaian Pembelajaran per Elemen
Menyimak – Berbicara
Membaca – Memirsa
Menulis – Mempresentasikan
Contoh alur tujuan pembelajaran
KURIKULUM MERDEKA; Capaian Pembelajaran Matematika
Capaian pembelajaran Matematika
Fase D
Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir fase D, peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik dengan menggunakan konsep-konsep dan keterampilan matematika yang dipelajari pada fase ini. Mereka mampu mengoperasikan secara efisien bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah; melakukan pemfaktoran bilangan prima, menggunakan faktor skala, proporsi dan laju perubahan. Mereka dapat menyajikan dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan sistem persamaan linier dengan dua variabel dengan beberapa cara, memahami dan menyajikan relasi dan fungsi. Mereka dapat menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang (prisma, tabung, bola, limas dan kerucut) untuk menyelesaikan masalah yang terkait, menjelaskan pengaruh perubahan secara proporsional dari bangun datar dan bangun ruang terhadap ukuran panjang, luas, dan/atau volume. Mereka dapat membuat jaring-jaring bangun ruang (prisma, tabung, limas dan kerucut) dan membuat bangun ruang tersebut dari jaring-jaringnya. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat hubungan sudut terkait dengan garis transversal, sifat kongruen dan kesebangunan pada segitiga dan segiempat. Mereka dapat menunjukkan kebenaran teorema Pythagoras dan menggunakannya. Mereka dapat melakukan transformasi geometri tunggal di bidang koordinat Kartesius. Mereka dapat membuat dan menginterpretasi diagram batang dan diagram lingkaran. Mereka dapat mengambil sampel yang mewakili suatu populasi, menggunakan mean, median, modus, range untuk menyelesaikan masalah; dan menginvestigasi dampak perubahan data terhadap pengukuran pusat. Mereka dapat menjelaskan dan menggunakan pengertian peluang, frekuensi relatif dan frekuensi harapan satu kejadian pada suatu percobaan sederhana.
Capaian Pembelajaran per Elemen
Bilangan
Aljabar
Pengukuran
Geometri
Analisis Data dan Peluang
KURIKULUM MERDEKA; Konsep dan Komponen Modul Ajar
Konsep dan komponen modul ajar
Konsep Modul Ajar
- Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar.
- Satuan pendidikan yang menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP.
- Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.
- Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai perangkat ajar termasuk modul ajar atau RPP dengan kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
Tujuan pengembangan modul ajar
Mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran.
Pendidik memiliki kemerdekaan untuk:
- memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
- menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Kriteria yang harus dimiliki modul ajar adalah:
- Esensial: Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
- Menarik, bermakna dan menantang: Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
- Relevan dan kontekstual: Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks waktu dan tempat peserta didik berada.
- Berkesinambungan: Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.
Komponen Modul Ajar
Komponen modul ajar adalah dasar dalam penyusunan modul ajar dan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran.
Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhannya.
Tidak semua komponen berikut wajib tercantum dalam modul ajar yang dikembangkan oleh pendidik.
Pendidik di satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik.
Komponen modul ajar terdiri dari tiga bagian besar: