How to make Tiktok Video

 


Preparation:

 


1. Install Tiktok into you device;

2. Create your accoutn. 


Steps:

  1. Tap + at bottom of the screen.
  2. Upload content from your device Library or use the TikTok camera.
  3. Add Sounds, Effects, Filters, or other camera tools.
  4. Start your video by pressing the Record button.
  5. Record your content.
  6. Tap the check mark.
  7. Make additional edits on the post page.
  8. Post your video!

Tuesday, July 19, 2022

Monday, July 18, 2022

Pembelajaran Bahasa Inggris 8F

 Assalamualaikum wr wb, pertemuan pertama pembelajaran Bahasa Inggris semester ganjil 2022-2023.

Silahkan klik twb.nz/english8f , pilih foto kalian yang sudah diberi nama, download. 

Kirimkan hasil download fotomu ke https://forms.gle/mKr8Jofp9e4xxxZN8

Selamat bekerja.


Thursday, July 14, 2022

Pembelajaran Bahasa Inggris; English4U part 4

 Bapak/Ibu yang hebat, ijin share ya.

Mari ajak anak-anak / peserta didik untuk mengikuti kegiatan berikut

Selamat menikmati liburan, ayo luangkan sedikit waktu untuk menambah kosakata bahasa Inggris.

Peserta didik mengklik link yang disediakan lalu memasukkan foto yang sesuai, mendownload lalu mengirim ke link yang disediakan. 

  1. twb.nz/english4u020
  2. twb.nz/english4u019
  3. twb.nz/english4u018
  4. twb.nz/english4u017
  5. twb.nz/english4u016

Kirimkan jawaban ke

https://forms.gle/yoW3BzvJiBDFQ5kz6

Peserta yang mampu menjawab 90% (18 gambar) benar, berhak mendapatkan sertifikat. Selamat mencoba.

Edisi sebelumnya:

Part 1 Klik disini

Part 2 Klik disini

Part 3 Klik disini

Wednesday, July 13, 2022

Pembelajaran Bahasa Inggris; English4U part 3

 Bapak/Ibu yang hebat, ijin share ya.


Mari ajak anak-anak / peserta didik untuk mengikuti kegiatan berikut

Selamat menikmati liburan, ayo luangkan sedikit waktu untuk menambah kosakata bahasa Inggris.

Peserta didik mengklik link yang disediakan lalu memasukkan foto yang sesuai, mendownload lalu mengirim ke link yang disediakan. 

  1. twb.nz/english4u015
  2. twb.nz/english4u014
  3. twb.nz/english4u013
  4. twb.nz/english4u012
  5. twb.nz/english4u011

Kirimkan jawaban ke

https://forms.gle/yoW3BzvJiBDFQ5kz6

Peserta yang mampu menjawab 90% (18 gambar) benar, berhak mendapatkan sertifikat. Selamat mencoba.





Edisi sebelumnya:

Part 1 Klik disini

Part 2 Klik disini

Friday, July 8, 2022

Pembelajaran Bahasa Inggris; English4U part 2

Bapak/Ibu yang hebat, ijin share ya.


Mari ajak anak-anak / peserta didik untuk mengikuti kegiatan berikut

Selamat menikmati liburan, ayo luangkan sedikit waktu untuk menambah kosakata bahasa Inggris.

Peserta didik mengklik link yang disediakan lalu memasukkan foto yang sesuai, mendownload lalu mengirim ke link yang disediakan. 

  1. twb.nz/english4u010
  2. twb.nz/english4u008
  3. twb.nz/english4u003
  4. twb.nz/english4u002
  5. twb.nz/english4u

Kirimkan jawaban ke

https://forms.gle/yoW3BzvJiBDFQ5kz6



Bagi peserta yang mampu menjawab 90% (18 gambar) benar, berhak mendapatkan sertifikat. Selamat mencoba.

Edisi sebelumnya:

Klik disini 

Tuesday, July 5, 2022

Pembelajaran Bahasa Inggris

Silahkan klik link berikut; 
  1. twb.nz/english4u023
  2. twb.nz/english4u022
  3. twb.nz/english4u021
  4. twb.nz/english4u020
  5. twb.nz/english4u019
  6. twb.nz/english4u018
  7. twb.nz/english4u017
  8. twb.nz/english4u016
  9. twb.nz/english4u015
  10. twb.nz/english4u014
  11. twb.nz/english4u013
  12. twb.nz/english4u012
  13. twb.nz/english4u011
  14. twb.nz/english4u010
  15. twb.nz/english4u009
  16. twb.nz/english4u008
  17. twb.nz/english4u007
  18. twb.nz/english4u006
  19. twb.nz/english4u005
  20. twb.nz/english4u004
  21. twb.nz/english4u003
  22. twb.nz/english4u002
  23. twb.nz/english4u
---------------------------------
  1. twb.nz/english4u0220070205
  2. twb.nz/english4u0220070204
  3. twb.nz/english4u0220070203
  4. twb.nz/english4u0220070202
  5. twb.nz/english4u0220070201

Monday, July 4, 2022

KURIKULUM MERDEKA; Capaian pembelajaran Bahasa Inggris

Capaian pembelajaran Bahasa Inggris

Fase D

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir Fase D, peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal dan informal. Peserta didik dapat menggunakan berbagai jenis teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, teks khusus (pesan singkat, iklan) dan teks otentik menjadi rujukan utama dalam mempelajari bahasa Inggris di fase ini. Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berdiskusi dan menyampaikan keinginan/perasaan. Pemahaman mereka terhadap teks tulisan semakin berkembang dan keterampilan inferensi mulai tampak ketika memahami informasi tersirat. Mereka memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris yang terstruktur dengan kosakata yang lebih beragam. Mereka memahami tujuan dan pemirsa ketika memproduksi teks tulisan dan visual dalam bahasa Inggris.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Menyimak – Berbicara

Membaca – Memirsa

Menulis – Mempresentasikan


Contoh alur tujuan pembelajaran

KURIKULUM MERDEKA; Capaian Pembelajaran Matematika

Capaian pembelajaran Matematika

Fase D

Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase D, peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual peserta didik dengan menggunakan konsep-konsep dan keterampilan matematika yang dipelajari pada fase ini. Mereka mampu mengoperasikan secara efisien bilangan bulat, bilangan rasional dan irasional, bilangan desimal, bilangan berpangkat bulat dan akar, bilangan dalam notasi ilmiah; melakukan pemfaktoran bilangan prima, menggunakan faktor skala, proporsi dan laju perubahan. Mereka dapat menyajikan dan menyelesaikan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan sistem persamaan linier dengan dua variabel dengan beberapa cara, memahami dan menyajikan relasi dan fungsi. Mereka dapat menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang (prisma, tabung, bola, limas dan kerucut) untuk menyelesaikan masalah yang terkait, menjelaskan pengaruh perubahan secara proporsional dari bangun datar dan bangun ruang terhadap ukuran panjang, luas, dan/atau volume. Mereka dapat membuat jaring-jaring bangun ruang (prisma, tabung, limas dan kerucut) dan membuat bangun ruang tersebut dari jaring-jaringnya. Mereka dapat menggunakan sifat-sifat hubungan sudut terkait dengan garis transversal, sifat kongruen dan kesebangunan pada segitiga dan segiempat. Mereka dapat menunjukkan kebenaran teorema Pythagoras dan menggunakannya. Mereka dapat melakukan transformasi geometri tunggal di bidang koordinat Kartesius. Mereka dapat membuat dan menginterpretasi diagram batang dan diagram lingkaran. Mereka dapat mengambil sampel yang mewakili suatu populasi, menggunakan mean, median, modus, range untuk menyelesaikan masalah; dan menginvestigasi dampak perubahan data terhadap pengukuran pusat. Mereka dapat menjelaskan dan menggunakan pengertian peluang, frekuensi relatif dan frekuensi harapan satu kejadian pada suatu percobaan sederhana.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Bilangan

Aljabar

Pengukuran

Geometri

Analisis Data dan Peluang

KURIKULUM MERDEKA; Konsep dan Komponen Modul Ajar

Konsep dan komponen modul ajar

Konsep Modul Ajar

  • Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar.
  • Satuan pendidikan yang menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP.
  • Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.
  • Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai perangkat ajar termasuk modul ajar atau RPP dengan kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Tujuan pengembangan modul ajar

Mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran.

Pendidik memiliki kemerdekaan untuk:

  • memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
  • menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Kriteria yang harus dimiliki modul ajar adalah:

  1. Esensial: Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
  2. Menarik, bermakna dan menantang: Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
  3. Relevan dan kontekstual: Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks waktu dan tempat peserta didik berada.
  4. Berkesinambungan: Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.

Komponen Modul Ajar

Komponen modul ajar adalah dasar dalam penyusunan modul ajar dan untuk kelengkapan persiapan pembelajaran.

Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhannya.

Tidak semua komponen berikut wajib tercantum dalam modul ajar yang dikembangkan oleh pendidik.

Pendidik di satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik.

Komponen modul ajar terdiri dari tiga bagian besar:

1. Informasi Umum

Identitas Modul

Kompetensi Awal
Profil Pelajar Pancasila

Sarana dan Prasarana

Target Peserta Didik
Model Pembelajaran

2. Komponen Inti

Tujuan Pembelajaran

Pemahaman Bermakna

Pertanyaan Pemantik

Kegiatan Pembelajaran

Asesmen

Pengayaan dan Remedial

3. Lampiran

Lembar Kerja Peserta Didik
Bahan Bacaan Guru & Peserta Didik
Glosarium
Daftar Pustaka

Prinsip Dasar