Wednesday, July 12, 2023

KBMN PGRI 29; Pertemuan ke-8 bersama Dedi

 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) PGRI Gelombang 29

Komitmen Menulis di Blog

Resume ke : 8

Tanggal : 12 Juli 2023

Narasumber : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si

Moderator :   Dail Ma'ruf, M.Pd

Untuk meniti keberhasilan dibutuhkan suatu komitmen. Komitmen akan menjaga niat dan usaha kita hingga mencapai titik impian. Blog sebagai salah satu media untuk menulis juga perlu suatu komitmen untuk menjaganya. Tentu ada trik, cara dan teknik untuk merawatnya. Masuk dan simak kelas malam ini. Jangan biarkan blog Anda penuh sarang laba-laba!


DA'IL Ma'ruf KBMN: Assalamu alaikum Wr. Selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua. Senang rasanya malam ini dapat membersamai bapak dan ibu hebat.


Peserta KBMN gelombang 29 yang luar bisa. Rabu malam ini, insya allah kita akan bersama narasumber luar biasa. Hal yang sedikit akan mengejutkan kita, karena melalui perantara beliaulah Om Jay sadar betapa guru itu wajib punya BLOG dan inilah bapak Dedi Dwitagama Guru Blognya Om Jay founder KBMN. 


Hanya saja beliau belum berkesempatan hadir pada kopdar II di jogjakarta. Tentu saja kita berharap beliau dapat hadir pada di Bandung pada kopkar #3 yang akan diselenggarakan di Bandung. 


Alhamdulillah beliau sehat, semoga semua yg ON saat ini dalam sehat dan banyak rejeki selalu, kepada peserta silahkan browsing tentang DEDI DWITAGAMA dalam waktu 5 menit. 

Dengan mengetikkan Dedi Dwitagama pada kolom pencarian google diperoleh 54,000 hadil dalam waktu 0.31 detik. Beliau ditemukan antara lain di:  

  1. Guru Blogger (Belajarku dengan Pak Dedi Dwitagama); gurusiana.id; http://www.gurusiana.id › article
  2. dedi dwitagama from www.gurusiana.id Feb 14, 2023 — Bapak Dedi Dwitagama adalah seorang pendidik, Trainer, penulis, motivator dan juga Blogger. Pak Dedi mengisi pelatihan online hari ini, seolah ...
  3. Dedi Dwitagama - Educator - SMKN 50 Jakarta; LinkedIn; https://id.linkedin.com › dedi-dwita...
  4. Dedi Dwitagama. Educator, Trainer, Motivator. SMKN 50 JakartaInstitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Jakarta, Jakarta Raya, Indonesia.
  5. Dwitagama; Instagram; https://www.instagram.com › dwita...
  6. Pendidik yg bermimpi makin banyak anak negeri berani berkompetisi & jadi pemimpin - Jakarta, Indonesia #motivasihidup. linktr.ee/dwitagama.
  7. Dedi Dwitagama - WordPress.com; WordPress.com; https://dedidwitagama.wordpress.com
  8. Dokumentasi foto dan video kegiatan training-training dan seminar-seminar saya bisa dinikmati di akun tiktok@dwitagama, ada juga di instagram @dwitagama, ...
Grup tidak dikunci pada saat ini agar semua bisa berinteraksi dan moderator diminta untuk menilai, karean akan dipilih satu orang penanya terbaik yang akan mendapatkan hadiah kaos dari nara sumber. 

Berbagai pertanyaan muncul dari peserta antara lain; 

  1. Pak dedi maaf bertanya bagaiamana cara mengisi atau memgelola semua blog agar bisa terisi seperti om dedi karena saya merasa bingung mengisi tentang apa di blog.
  2. Waduh, saya deg-degan sendiri untuk bertanya. Terimakasih kesempatannya pak Dail dan pak Dedi. Setelah melakukan pencarian saya cuma bisa terkagum. Tapi kemudian saya jadi bertanya-tanya dan ingin mengetahui kisah sampai bapak memutuskan untuk menulis di blog? Pada awal-awal tahun menulis di blog ada rasa lelah tidak sih? Karena saya hasil saat ini adalah proses dari perjalanan itu jadi saya ingin mengetahui suka dan duka saat bapak pertama kali mulai memutuskan untuk menulis di blog. Terimakasih pak Dedi dan Pak Dail.
  3. Assalamualaikum pak Ded, saya Bu Elmi dari Riau. Ingin mewakili sahabat semua, barangkali ada yang ingin bertanya tapi malu. Saya yakin masih banyak yang kurang tahu apa gunanya blog bagi seorang penulis. Mohon arahannya pak biar semua peserta tahu dan bisa memanfaatkan blognya dengan baik. 
  4. Selamat malam pak Ded, izin bertanya untuk rekomendasi untuk membuat blog, apakah sebaiknya blogger atau wordpress atau yg lainnya. Terimakasih
  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pak dail dan pak Dedi, pertanyaan: bagaiman cara mendatangkan banyak viewer di blog kita?
  6. MasyaAllah Dari hari pertama saya cuma nyimak saja. Karena bingung sebenarnya saya ada di group ini. Narasumber keren2 dan peserta yg sudah luar biasa dalam literasi. Berbeda jauh dengan saya yang masih baru. Mungkin untuk menulis di blog sudah punya beberapa blog cuma lagi dan lagi pak dedi. Saya belum bisa komitmen kayaknya. Nah, pada kesempatan kali ini mungkin ada kiat2 dari pak dedi sendiri bagaimana memanajemen diri untuk tetap terus menjaga komitmen untuk menulis. 
  7. Lagi mood nulis, kalo udah gak mood pasti buyar. Buka group liat status teman2 keren2 semua dan sukses dengan literasi nya. Bikin tambah minder rasanya. Mohon share kiat2nya bapak. Terima kasih. Saya fida dari sampang. 
  8. Iah Sutianah_Kab. Bandung_KB (PAUD) SBB Al Hikmah, bertanya: Bagaimana untuk selalu istiqomah menulis di sela berbagai kesibukan? Nuhun.
  9. Tanya: Assalamu'alaikum.....Pak Dedi,, Saya Ahmad from Ambon (Maluku) , pekerjaan Guru. Mau nanya: dalam berkomitmen menulis blog, perlukah dibuat suatu skedul agar dilain waktu komitmen itu tidak dilanggar ? Because komitmen pasti akan berubah seiring berjalannya waktu kadang" seperti itu pak. 

Semua kaos brand new, akan kirim ke alamat peserta yang berhasil menjadi penanya terbaik. Diperlukan komitmen yang kuat untuk suatu perbuatan yang dilakukan dalam waktu lama. Kepada saudara moderator untuk menjadi juri yang baik, tolong siapkan pulpen dan kertas untuk melakukan penjurian.

Jawaban sebagian disampaikan melalui voice note. Pada awal isi aja blog anda dengan tulisan bertema suka-suka anda, lalu dalam waktu setahun anda akan tahu mana yang banyak pembacanya, mau penuhi minat pembaca atau terus suka-suka anda itu pilihan, lanjutkan saja komitmennya

Sederhananya, blog itu seperti kita punya rumah digital yang bisa kita isi apa saja dan orang lain bisa membaca, berkomentar, dsb ... bahkan anda bisa diundang jadi pembicara kalo objeknya bagus

Blogger lebih tua umurnya, dalam tekno viasanya yang baru lebih baik, tapi itu selera yang penting isinya bukan platformnya. Saya lebih suka masuk ke.materi lewat pertanyaan karena pasti kepake dibanding saya ngoceh gak karuan.