Thursday, September 10, 2020

Tokoh Kita; Bapak Hartono

 Bapak Hartono merupakan salah satu pengusaha sukses di kota Bandar Lampung, setidaknya ada 5 orang pekerja pembuat batako yang bekerja setiap harinya. Batako dibuat dengan tiga bahan utama yaitu pasir, semen, dan batu split. Tiga bahan utama ini diaduk dengan rata, lalu ditambahkan air secukupnya lalu dicetak. Proses pengerjaanya dilakukan secara manual. 

Pagi itu penulis berkesempatan berdialog langsung dengan dua orang pekerja mereka adalah bapak Joko dan Bapak Joni. Bapak Joko tinggal di kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan, dia mencetak 300 buah batako perharinya, sedangkan bapak Joni yang tinggal di area jalan Pangeran Antasari tepatnya di belakang Giant Pangeran Antarasi. Bapak Joni mencetak setidaknya 350 buah batako perharinya. Dia dapat mencetak lebih banyak karena tinggal tah jauh dari tempat kerja sehngga dapat hadir lebih awal. sehingga menghasilkan lebih banyak batako perharinya. 

Bspsk Hartono berasal dari Solo, Jawa Tengah, sebelum menetap di Provinsi lampung, beliau pernah merantau ke Palembang. Saat ini Bapak Hartono sedang merehab atap rumahnya, karena pada saat hujan lebat, talang air tidak mampu menampung air dengan baik sehingga air masuk ke dalam rumah. 

Bapak Hartono bersama penulis

Bapak Joko, salah satu karyawan pembuat batako

Material Batako, Semen, pasir, air (dalam drum) dan batu split
Batako setelah dicetak, lalu dikeringkan secara alami

Bapak Joni, karyawan pembuat batako



 



No comments: