Modul Ajar (MA) Bahasa Inggris Kelas 8 (Fase D)
| Informasi Umum | Detail |
| Mata Pelajaran | Bahasa Inggris |
| Fase/Kelas | D / VIII (Delapan) |
| Semester | 1 (Ganjil) |
| Materi Pokok | Interaksi Sosial: Perkenalan Diri (Introducing Self and Others) |
| Alokasi Waktu | 2 x 45 menit (1 Pertemuan) |
A. Komponen Inti
1. Capaian Pembelajaran (CP)
Elemen Menyimak - Berbicara: Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat, dan pandangan dalam konteks yang familiar (formal dan informal).
2. Tujuan Pembelajaran (TP)
Peserta didik mampu memberikan dan meminta informasi tentang identitas diri dan orang lain (nama, asal, minat, deskripsi sederhana) dengan struktur dan pengucapan yang tepat.
Peserta didik mampu menanggapi perkenalan orang lain dengan empati dan rasa ingin tahu (Curiosity) yang positif.
(KBC) Peserta didik mampu mempresentasikan deskripsi diri mereka dengan rasa percaya diri dan penerimaan diri (self-acceptance) yang positif.
3. Pemahaman Bermakna (KBC Focus)
Melalui perkenalan, kita belajar mengenal diri sendiri (self-love) dan menghargai keunikan orang lain (empathy). Komunikasi adalah jembatan untuk membangun hubungan positif.
4. Pertanyaan Pemantik (KBC Focus)
What makes you, you? (Apa yang membuatmu menjadi dirimu?)
How do you feel when someone asks about your interests? (Bagaimana perasaanmu ketika seseorang bertanya tentang minatmu?)
What is one positive thing you would like others to know about you? (Satu hal positif apa yang kamu ingin orang lain tahu tentang dirimu?)
B. Kegiatan Pembelajaran Utama
| Tahap | Kegiatan Guru & Siswa | Alokasi Waktu |
| Pendahuluan | 1. Salam & Doa. 2. Review: Mengingat kembali ungkapan sapaan dasar. 3. Ice Breaking (KBC): Guru meminta siswa menyebutkan satu hal yang mereka sukai dari diri sendiri (misalnya, “I love my smile.”). | 10 menit |
| Kegiatan Inti | 1. Eksplorasi Materi (5W+1H): Guru memberikan contoh dialog perkenalan (formal/informal) dan meminta siswa mengidentifikasi informasi yang ditanyakan (Who, Where, What hobby, etc.). 2. Curiosity & Empathy Drill (KBC): Siswa berlatih merespons perkenalan, bukan hanya menjawab, tetapi juga mengajukan pertanyaan lanjutan untuk menunjukkan minat dan penghargaan terhadap cerita teman (e.g., "That's cool! Why do you like [hobby]?"). 3. Positive Self-Introduction (KBC): Siswa membuat kerangka perkenalan diri dengan menyertakan setidaknya dua kata sifat positif untuk mendeskripsikan diri (misalnya, I am a friendly and curious person). 4. Find Someone Who... (Interaksi): Siswa berjalan dan berinteraksi dengan 3-4 teman untuk meminta dan memberikan informasi, dengan penekanan pada kontak mata dan intonasi yang ramah. | 70 menit |
| Penutup | 1. Refleksi (KBC): Guru bertanya: “What did you learn about your friends today?” dan “How did it feel to talk about yourself positively?” 2. Rangkuman: Review ungkapan penting (Nice to meet you, I am from...). 3. Tugas Mandiri: Siswa menulis perkenalan singkat tentang seorang teman yang paling berkesan hari ini, menyoroti keunikannya (KBC: Menghargai orang lain). | 10 menit |
C. Aspek Kebahasaan (Language Focus)
Kosakata: Adjectives deskriptif (friendly, kind, tall, short, smart, artistic), hobbies (reading, swimming, gaming).
Tata Bahasa: Simple Present Tense (untuk fakta/identitas: I am, She has, He lives).
Fungsi: Greeting, Introducing, Responding to Introduction.
D. Penilaian (Assessment)
| Jenis Penilaian | Teknik | Bentuk | Keterangan |
| Performa | Observasi / Praktik Berbicara | Dialog Perkenalan | Menilai kelancaran, ketepatan tata bahasa, dan ekspresi positif/empati saat berinteraksi. |
| Sikap (KBC) | Jurnal Observasi Guru | Ceklis | Mengamati sikap percaya diri saat berbicara dan empati saat menyimak/menanggapi teman. |
Catatan KBC: Penekanan pada kata sifat positif saat mendeskripsikan diri sendiri dan teman, serta penggunaan bahasa yang positif dan menghargai (affirming language) selama seluruh kegiatan.
No comments:
Post a Comment