Sunday, November 23, 2025

Capaian Pembelajaran (CP) untuk Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs

Capaian Pembelajaran (CP) untuk Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs berada dalam Fase D (umumnya Kelas 7, 8, dan 9). CP ini merupakan target akhir yang harus dicapai siswa pada akhir Fase D (yaitu, akhir Kelas 9).

Karena CP bersifat keseluruhan untuk satu fase, fokus di Semester 1 Kelas 8 adalah melanjutkan dan memperdalam CP yang sudah dimulai di Kelas 7.

Berikut adalah ringkasan Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase D (SMP/MTs) berdasarkan elemen keterampilan, yang menjadi acuan utama untuk Semester 1 Kelas 8.


Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase D (Kelas 7, 8, 9)

1. Menyimak dan Berbicara (Listening and Speaking)

Pada akhir Fase D, siswa diharapkan mampu:

  • Berinteraksi Lisan: Menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat, dan pandangan dalam konteks yang familiar (formal dan informal).

  • Teks Lisan: Memahami dan merespons instruksi, permintaan, dan teks fungsional pendek dan sederhana, seperti pesan, undangan, atau ucapan.

  • Monolog: Memahami dan menanggapi teks monolog sederhana dalam bentuk descriptive dan recount secara lisan, dengan penggunaan unsur kebahasaan yang akurat.

  • Strategi: Mulai menggunakan strategi komunikatif sederhana, seperti klarifikasi atau pengulangan, untuk membantu pemahaman dan kelancaran komunikasi.


2. Membaca dan Memirsa (Reading and Viewing)

Pada akhir Fase D, siswa diharapkan mampu:

  • Teks Informasi: Memahami dan mengidentifikasi informasi spesifik dan ide utama dari berbagai jenis teks informasional dan fungsional pendek dan sederhana (misalnya, signs, notices, labels).

  • Teks Naratif & Deskriptif: Membaca untuk memahami, menanggapi, dan menganalisis teks naratif dan teks deskriptif sederhana.

  • Kosakata & Struktur: Mengidentifikasi dan memahami kosakata, frasa, dan struktur gramatikal yang digunakan dalam berbagai jenis teks (misalnya, penggunaan simple present tense untuk deskripsi dan simple past tense untuk recount).

  • Inferensi: Membuat inferensi sederhana dan memprediksi informasi yang tidak eksplisit dari teks.


3. Menulis dan Mempresentasikan (Writing and Presenting)

Pada akhir Fase D, siswa diharapkan mampu:

  • Komunikasi Tertulis: Mengomunikasikan ide, pengalaman, dan perasaan melalui tulisan.

  • Teks Fungsional: Menulis teks fungsional pendek dan sederhana, seperti pesan, kartu ucapan, dan undangan.

  • Teks Deskriptif & Recount: Menyusun teks deskriptif dan teks recount sederhana yang terstruktur dengan baik, menggunakan kosakata yang tepat, dan memperhatikan penggunaan tanda baca serta ejaan.

  • Penyajian: Menyajikan informasi, gagasan, dan opini mereka dalam format presentasi sederhana dan terstruktur.


Fokus Kelas 8 Semester 1

Materi yang akan dipelajari di Kelas 8 Semester 1 adalah tahap penguatan dan pendalaman dari kemampuan di atas, khususnya berfokus pada:

  1. Penguatan Struktur: Lebih mendalam dalam penggunaan Simple Present Tense (terutama untuk rutinitas dan deskripsi) dan pengenalan/penguatan Simple Past Tense (untuk peristiwa masa lalu).

  2. Jenis Teks Utama: Fokus pada pengembangan pemahaman dan produksi Teks Deskriptif (Descriptive Text) dan Teks Recount (Recount Text).

  3. Interaksi Sosial: Menggunakan ungkapan yang lebih kompleks untuk meminta dan memberi pendapat (asking and giving opinion) dan persetujuan/ketidaksetujuan (agreement/disagreement).

https://bulletinbijak.blogspot.com/2025/11/alur-tujuan-pembelajaran-atp-bahasa.html

No comments: