Capaian Pembelajaran (CP) untuk Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs berada dalam Fase D (umumnya Kelas 7, 8, dan 9). CP ini merupakan target akhir yang harus dicapai siswa pada akhir Fase D (yaitu, akhir Kelas 9).
Karena CP bersifat keseluruhan untuk satu fase, fokus di Semester 1 Kelas 8 adalah melanjutkan dan memperdalam CP yang sudah dimulai di Kelas 7.
Berikut adalah ringkasan Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase D (SMP/MTs) berdasarkan elemen keterampilan, yang menjadi acuan utama untuk Semester 1 Kelas 8.
Capaian Pembelajaran (CP) Bahasa Inggris Fase D (Kelas 7, 8, 9)
1. Menyimak dan Berbicara (Listening and Speaking)
Pada akhir Fase D, siswa diharapkan mampu:
Berinteraksi Lisan: Menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat, dan pandangan dalam konteks yang familiar (formal dan informal).
Teks Lisan: Memahami dan merespons instruksi, permintaan, dan teks fungsional pendek dan sederhana, seperti pesan, undangan, atau ucapan.
Monolog: Memahami dan menanggapi teks monolog sederhana dalam bentuk descriptive dan recount secara lisan, dengan penggunaan unsur kebahasaan yang akurat.
Strategi: Mulai menggunakan strategi komunikatif sederhana, seperti klarifikasi atau pengulangan, untuk membantu pemahaman dan kelancaran komunikasi.
2. Membaca dan Memirsa (Reading and Viewing)
Pada akhir Fase D, siswa diharapkan mampu:
Teks Informasi: Memahami dan mengidentifikasi informasi spesifik dan ide utama dari berbagai jenis teks informasional dan fungsional pendek dan sederhana (misalnya, signs, notices, labels).
Teks Naratif & Deskriptif: Membaca untuk memahami, menanggapi, dan menganalisis teks naratif dan teks deskriptif sederhana.
Kosakata & Struktur: Mengidentifikasi dan memahami kosakata, frasa, dan struktur gramatikal yang digunakan dalam berbagai jenis teks (misalnya, penggunaan simple present tense untuk deskripsi dan simple past tense untuk recount).
Inferensi: Membuat inferensi sederhana dan memprediksi informasi yang tidak eksplisit dari teks.
3. Menulis dan Mempresentasikan (Writing and Presenting)
Pada akhir Fase D, siswa diharapkan mampu:
Komunikasi Tertulis: Mengomunikasikan ide, pengalaman, dan perasaan melalui tulisan.
Teks Fungsional: Menulis teks fungsional pendek dan sederhana, seperti pesan, kartu ucapan, dan undangan.
Teks Deskriptif & Recount: Menyusun teks deskriptif dan teks recount sederhana yang terstruktur dengan baik, menggunakan kosakata yang tepat, dan memperhatikan penggunaan tanda baca serta ejaan.
Penyajian: Menyajikan informasi, gagasan, dan opini mereka dalam format presentasi sederhana dan terstruktur.
Fokus Kelas 8 Semester 1
Materi yang akan dipelajari di Kelas 8 Semester 1 adalah tahap penguatan dan pendalaman dari kemampuan di atas, khususnya berfokus pada:
Penguatan Struktur: Lebih mendalam dalam penggunaan Simple Present Tense (terutama untuk rutinitas dan deskripsi) dan pengenalan/penguatan Simple Past Tense (untuk peristiwa masa lalu).
Jenis Teks Utama: Fokus pada pengembangan pemahaman dan produksi Teks Deskriptif (Descriptive Text) dan Teks Recount (Recount Text).
Interaksi Sosial: Menggunakan ungkapan yang lebih kompleks untuk meminta dan memberi pendapat (asking and giving opinion) dan persetujuan/ketidaksetujuan (agreement/disagreement).
https://bulletinbijak.blogspot.com/2025/11/alur-tujuan-pembelajaran-atp-bahasa.html
No comments:
Post a Comment