Kosakata dan Tata Bahasa Kelas 8 Semester 1
1. Tata Bahasa (Grammar Focus)
Dua struktur waktu (tenses) utama yang harus dikuasai secara fungsional di Semester 1 adalah:
A. Simple Present Tense
Digunakan untuk menyatakan fakta, kebenaran umum, rutinitas, dan deskripsi permanen (Wajib dalam Teks Deskriptif).
| Fungsi | Struktur Kunci | Contoh |
| Pernyataan/Fakta | Subjek + V1 (s/es) / Subjek + is/am/are | The school is large. (Fakta) |
| Rutinitas/Kebiasaan | Subjek + V1 (s/es) | She wakes up at 5 AM. (Kebiasaan) |
| Negatif | Subjek + do/does + not + V1 | He doesn't like spicy food. |
| Interogatif | Do/Does + Subjek + V1? | Does she study English? |
B. Simple Past Tense
Digunakan untuk menceritakan kejadian atau tindakan yang selesai di masa lalu (Wajib dalam Teks Recount).
| Fungsi | Struktur Kunci | Contoh |
| Pernyataan/Aksi | Subjek + V2 (Kata Kerja Bentuk Ke-2) | We went to the beach yesterday. (V2 dari go) |
| Negatif | Subjek + did not + V1 | They didn't watch the movie. |
| To Be di Masa Lalu | Subjek + was/were | I was happy last night. |
C. Fokus Tambahan
Adjectives (Kata Sifat): Penggunaan yang kaya untuk mendeskripsikan benda, orang, atau tempat (e.g., beautiful, crowded, tall, smart).
Adverbs of Time: Untuk Recount Text (e.g., yesterday, last week, two days ago).
Connectors of Sequence: Untuk Teks Recount (e.g., first, then, after that, finally).
2. Kosakata (Vocabulary Focus)
Kosakata akan berpusat pada konteks interaksi, deskripsi, dan pengalaman masa lalu.
A. Interaksi Sosial
Ungkapan Pendapat: I think..., In my opinion..., Do you agree?
Persetujuan/Ketidaksetujuan: I agree, That's a good idea, I don't think so, I disagree.
Ucapan Selamat/Pujian: Congratulations!, You look great, That's fantastic.
B. Deskripsi (Descriptive Text)
Appearance (Penampilan): tall, short, slim, curly hair, handsome, pretty.
Personality (Sifat): diligent, friendly, patient, smart, lazy.
Places (Tempat): crowded, comfortable, historical, clean, huge, quiet.
C. Pengalaman Masa Lalu (Recount Text)
Kata Kerja Tidak Beraturan (Irregular Verbs): Memahami perubahan V1 ke V2 (misalnya, go $\rightarrow$ went, see $\rightarrow$ saw, eat $\rightarrow$ ate, buy $\rightarrow$ bought).
Aktivitas Liburan: visited, traveled, swam, took pictures, hiked, relaxed.
Contoh Kalimat Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1
I. Teks Deskriptif (Fokus: Simple Present Tense & Adjectives)
Kalimat-kalimat ini digunakan untuk mendeskripsikan orang, tempat, atau benda, yang merupakan salah satu genre utama di awal Fase D.
| Fokus Kebahasaan | Contoh Kalimat | Terjemahan |
| Deskripsi Fisik (Simple Present) | My little sister has long, curly hair and is very friendly. | Adik perempuan saya punya rambut panjang, ikal dan sangat ramah. |
| Fakta Tempat (Simple Present) | The new classroom is quite large and clean. It has twelve big windows. | Kelas baru cukup besar dan bersih. Ia memiliki dua belas jendela besar. |
| Deskripsi Fungsi (Simple Present) | This phone works well, but the battery does not last long. | Ponsel ini berfungsi dengan baik, tetapi baterainya tidak bertahan lama. |
| Memberi Pendapat | I think the new library is the most comfortable place to study. | Menurut saya, perpustakaan baru adalah tempat paling nyaman untuk belajar. |
II. Teks Recount (Fokus: Simple Past Tense & Irregular Verbs)
Kalimat-kalimat ini digunakan untuk menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang terjadi di masa lalu.
| Fokus Kebahasaan | Contoh Kalimat | Terjemahan |
| Aksi Masa Lalu (Simple Past) | Last Sunday, we visited our grandparents in the village. | Minggu lalu, kami mengunjungi kakek-nenek kami di desa. |
| Kata Kerja Tidak Beraturan | I ate traditional food and drank hot ginger tea. | Saya makan makanan tradisional dan minum teh jahe panas. |
| Negatif Masa Lalu | We didn't go to the museum because it was closed. | Kami tidak pergi ke museum karena museumnya tutup. |
| Urutan Kejadian (Connectors) | First, we checked in; then, we rested; and finally, we swam at the hotel pool. | Pertama, kami check in; kemudian, kami beristirahat; dan akhirnya, kami berenang di kolam hotel. |
III. Interaksi (Menggabungkan Tenses)
| Fokus Kebahasaan | Contoh Kalimat | Terjemahan |
| Pendapat & Alasan | A: Do you agree that the Math test was difficult? B: I agree. I didn't understand question number five. | A: Apakah kamu setuju kalau tes Matematika sulit? B: Saya setuju. Saya tidak mengerti soal nomor lima. |
| Pujian | A: You look great in that uniform! B: Thank you! I bought it last week. | A: Kamu terlihat hebat dengan seragam itu! B: Terima kasih! Saya membelinya minggu lalu. |
Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana tata bahasa dipelajari secara fungsional, yaitu digunakan langsung dalam konteks komunikasi dan jenis teks yang dipelajari.
No comments:
Post a Comment