Sunday, November 23, 2025

Kosakata dan Tata Bahasa Kelas 8 Semester 1

Kosakata dan Tata Bahasa Kelas 8 Semester 1

1. Tata Bahasa (Grammar Focus)

Dua struktur waktu (tenses) utama yang harus dikuasai secara fungsional di Semester 1 adalah:

A. Simple Present Tense

Digunakan untuk menyatakan fakta, kebenaran umum, rutinitas, dan deskripsi permanen (Wajib dalam Teks Deskriptif).

FungsiStruktur KunciContoh
Pernyataan/FaktaSubjek + V1 (s/es) / Subjek + is/am/areThe school is large. (Fakta)
Rutinitas/KebiasaanSubjek + V1 (s/es)She wakes up at 5 AM. (Kebiasaan)
NegatifSubjek + do/does + not + V1He doesn't like spicy food.
InterogatifDo/Does + Subjek + V1?Does she study English?

B. Simple Past Tense

Digunakan untuk menceritakan kejadian atau tindakan yang selesai di masa lalu (Wajib dalam Teks Recount).

FungsiStruktur KunciContoh
Pernyataan/AksiSubjek + V2 (Kata Kerja Bentuk Ke-2)We went to the beach yesterday. (V2 dari go)
NegatifSubjek + did not + V1They didn't watch the movie.
To Be di Masa LaluSubjek + was/wereI was happy last night.

C. Fokus Tambahan

  • Adjectives (Kata Sifat): Penggunaan yang kaya untuk mendeskripsikan benda, orang, atau tempat (e.g., beautiful, crowded, tall, smart).

  • Adverbs of Time: Untuk Recount Text (e.g., yesterday, last week, two days ago).

  • Connectors of Sequence: Untuk Teks Recount (e.g., first, then, after that, finally).


2. Kosakata (Vocabulary Focus)

Kosakata akan berpusat pada konteks interaksi, deskripsi, dan pengalaman masa lalu.

A. Interaksi Sosial

  • Ungkapan Pendapat: I think..., In my opinion..., Do you agree?

  • Persetujuan/Ketidaksetujuan: I agree, That's a good idea, I don't think so, I disagree.

  • Ucapan Selamat/Pujian: Congratulations!, You look great, That's fantastic.

B. Deskripsi (Descriptive Text)

  • Appearance (Penampilan): tall, short, slim, curly hair, handsome, pretty.

  • Personality (Sifat): diligent, friendly, patient, smart, lazy.

  • Places (Tempat): crowded, comfortable, historical, clean, huge, quiet.

C. Pengalaman Masa Lalu (Recount Text)

  • Kata Kerja Tidak Beraturan (Irregular Verbs): Memahami perubahan V1 ke V2 (misalnya, go $\rightarrow$ went, see $\rightarrow$ saw, eat $\rightarrow$ ate, buy $\rightarrow$ bought).

  • Aktivitas Liburan: visited, traveled, swam, took pictures, hiked, relaxed.


Contoh Kalimat Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1

I. Teks Deskriptif (Fokus: Simple Present Tense & Adjectives)

Kalimat-kalimat ini digunakan untuk mendeskripsikan orang, tempat, atau benda, yang merupakan salah satu genre utama di awal Fase D.

Fokus KebahasaanContoh KalimatTerjemahan
Deskripsi Fisik (Simple Present)My little sister has long, curly hair and is very friendly.Adik perempuan saya punya rambut panjang, ikal dan sangat ramah.
Fakta Tempat (Simple Present)The new classroom is quite large and clean. It has twelve big windows.Kelas baru cukup besar dan bersih. Ia memiliki dua belas jendela besar.
Deskripsi Fungsi (Simple Present)This phone works well, but the battery does not last long.Ponsel ini berfungsi dengan baik, tetapi baterainya tidak bertahan lama.
Memberi PendapatI think the new library is the most comfortable place to study.Menurut saya, perpustakaan baru adalah tempat paling nyaman untuk belajar.

II. Teks Recount (Fokus: Simple Past Tense & Irregular Verbs)

Kalimat-kalimat ini digunakan untuk menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman yang terjadi di masa lalu.

Fokus KebahasaanContoh KalimatTerjemahan
Aksi Masa Lalu (Simple Past)Last Sunday, we visited our grandparents in the village.Minggu lalu, kami mengunjungi kakek-nenek kami di desa.
Kata Kerja Tidak BeraturanI ate traditional food and drank hot ginger tea.Saya makan makanan tradisional dan minum teh jahe panas.
Negatif Masa LaluWe didn't go to the museum because it was closed.Kami tidak pergi ke museum karena museumnya tutup.
Urutan Kejadian (Connectors)First, we checked in; then, we rested; and finally, we swam at the hotel pool.Pertama, kami check in; kemudian, kami beristirahat; dan akhirnya, kami berenang di kolam hotel.

III. Interaksi (Menggabungkan Tenses)

Fokus KebahasaanContoh KalimatTerjemahan
Pendapat & AlasanA: Do you agree that the Math test was difficult? B: I agree. I didn't understand question number five.A: Apakah kamu setuju kalau tes Matematika sulit? B: Saya setuju. Saya tidak mengerti soal nomor lima.
PujianA: You look great in that uniform! B: Thank you! I bought it last week.A: Kamu terlihat hebat dengan seragam itu! B: Terima kasih! Saya membelinya minggu lalu.

Contoh-contoh ini menunjukkan bagaimana tata bahasa dipelajari secara fungsional, yaitu digunakan langsung dalam konteks komunikasi dan jenis teks yang dipelajari.

No comments: