Tuesday, December 22, 2020

Berwisata ke Danau Ranau (Lumbok Seminung Resort)

Hari Pertama (Minggu, 20 Desember 2020)
Perjalanan ke Lumbok Seminung menempuh 300 an kilometer dari Kota Bandar Lampung, kami menempuh perjalanan melalui jalur non tol berbagai titik peristirahatan yang kami singgahi antara lain;
1. Perkebunan sawit (hajimena natar), Sarapan pagi
2. Bandar Jaya, cek kondisi ban
3. Masjid Kalibalangan, shalat duhur dan makan siang
4. Masjid Puncak Resort, Sumber Jaya, shalat ashar.
5. Kopi Luwak Original Mr. Zian, Belalau, magrib dan wisata kopi
6. Arena Bang Dendi, Danau Ranau

Kami tiba di tujuan pada pukul 22.00 WIB. Cuaca cerah sehingga perjalanan aman dan lancar. Penginapan telah siap menampung kami untuk beristirahat malam.

Hari Kedua (Senin, 21 Desember 2020)
Kegiatan pagi diawali dengan mengeksplorasi area sekitar tempat kami menginap, berfoto. Lanjut dengan sarapan pagi dan menuju seminung resort untuk menikmati mandi air tawar di danau ranau. Pagi mulai tiba, suasana sejuk sangat terasa, pemandangan sangat indah, tampak gunung seminung di kejauhan begitu perkasa.

Menjelang tengah hari kami kembali ke penginapan untuk makan siang dan istirahat sampai menjelang shalat ashar. Lalu kami mempersiapkan makan malam dengan membuat bara api untuk membakar ikan nila khas Danau Ranau. Tim logistik telah memesan 15 Kg ikan nila. Setiap kilo berisi 2 sampai 3 ekor saja.

Ikan-ikan telah dibersihkan lalu dibumbui lalu diletakkan di penjepit lalu dibakar di atas bara api, sambil sesekali dikipas, diolesi bumbu dan dibalik. Sambal mangga dan lalapan juga disiapkan untuk mendampingi Ikan bakar dan Nasi. Daun pisang telah disiapkan untuk menggelar nasi dan lauknya.

Makan malam berlalu. Namun kantuk belum tiba, kami menyiapkan perangkat speaker aktif untuk sekedar untuk menyanyikan beberapa lagu.

Tak lama kemudian, kami beristirahat malam.

Hari Ketiga (Selasa, 22 Desember 2020), Semua sudah siap, mandi pagi, sarapan lalu onboard. Destinasi berikutnya adalah;
1. Kebon raya liwa (KRL),
2. Wisata belanja bunga, Sumber Jaya
3. Rest area SPBU Bukit Kemuning,
4. Masjid Istiqlal Bandar Jaya,
5. Rest area SPBU Candimas

Pukul 22:00 Wib  kami tiba di rumah masing-masing. Alhamdulillah, kami tiba dengan selamat.