Saturday, June 13, 2020

Setelah ujian semester online, apalagi?

Ujian semester online menggunakan aplikasi e-learning Madrasah telah berlalu, terus apalagi? 

Ya, kegiatan pembelajaran diawali dengan kontrak pembelajaran yang disampaikan oleh guru pada awal semester. Namun karena terjadi pandemi lantas diberikan relaksasi karena keterbatasan akses teknologi dan sarana pendukungnya. 

Di awal semester guru telah menyiapkan program semester yang di dalamnya memuat berbagai hal diantaranya adalah cakupan materi, bentuk penugasan (individu, kelompok), ulangan harian, ulangan tengah semester dan ujian akhir semester. 

Penugasan dapat berbentuk rangkuman tulis tangan, gambar, rekaman audio dan juga rekaman audio. 

Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajar peserta didik. Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Ulangan harian dilakukan setidaknya setelah beberapa 4 sampai 8 pertemuan atau sebulan sekali, 

Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.

Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

 Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru/pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut.

Mengenal Teknik dan Instrumen Penilaian

Penilaian hasil belajar oleh guru/pendidik menggunakan berbagai teknik penilaian berupa tes, observasi, penugasan perseorangan atau kelompok, dan bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dan tingkat perkembangan peserta didik. Teknik tes berupa tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes kinerja. Teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran. Teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuk tugas rumah dan/atau proyek.

Rumus Nilai Raport :

NH=(Rata-rata Tes + Rata-rata Observasi + Rata-rata Penugasan)/3

NR =(NH + UTS + UAS)/3

Untuk Kriteria Tuntas dan Tidak Tuntas, ditentukan oleh guru Mata Pelajaran masing-masing pada saat membuat KKM (kriteria Ketuntasan Minimal) yang dilakukan diawal tahunpelajaran.

Nah menjawab, setelah ujian semester online apalagi?
Pertama, sebaiknya berkomunikasi dengan guru mata pelajaran tugas-tugas apa yang belum dikerjakan, atau belum mencapai standar minimal yang ditentukan. 

Kedua, Jangan lupa catat pula hasil ujian semester online, nilai-nilai yang masih dibawah 75 sebaiknya meminta perbaikan. Salah satunya dengan mengerjakan kembali soal ujian semester online. Permintaan mengerjakan kembali soal dapat menghubungi proktor agar hasil ujian direset, sehingga soal dapat dikerjakan kembali. 

Ketiga, khusus siswa MTsN 1 Bandar Lampung, selama ujian semester online selain pilihan ganda juga ada soal essay dengan respon rekaman audio/video. 


Semoga bermanfaat. 

No comments: