Thursday, June 18, 2020

Pembagian Raport Semester Genap 2020-2021

Kegiatan pembelajaran di semester 2 diwarnai dengan adanya Covid-19. Covid-19 membuat siswa harus belajar dari rumah. Guru pun harus mengajar dari rumah (teach from home). Secara umum media komunikasi yang digunakan adalah instan messaging whatsapp sebagai lalu lintas komunikasi. 

Kementerian agama RI melalui direktur KSKK Madrasah meluncurkan E-learning Madrasah sebagai platform LMS. Melalui LMS E-learning madrasah ini guru dan siswa berada di room sesuai dengan kelas konvensional di masa normal hanya saja mereka tidak berinteraksi langsung melainkan menggunakan sarana internet. Namun demikian platform LMS lainnya seperti Google Classroom, Kaizala, Edmodo, Schoologi tetap boleh digunakan. Fitur-fitur aplikasi pendudung pembelajaran seperti google form, quizziz, Kahoot dan Youtube. Media Televisi dan Radio Pendidikan pun digalakkan untuk digunakan sebagai sumber belajar. 

MTsN 1 Bandar Lampung telah menggunan E-learning Madrasah sebagai platform kegiatan pembelajaran, kegiatan pesantren ramadhan online 1441H dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Madrasah Online.  Pelaksanaan PPDB pun dilaksanakan secara online. Namun demikian Madrasah tetap melayani kegiatan administrasi seperti legalisir secara tatap muka, namun tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti jaga jarak, mengenakan masker/sarung tangan, dan melakukan pengecekan suhu tubuh. 

Direktur KSKK Madrasah juga telah merelease surat edaran yang merelaksasi petunjuk teknis penggunaan dana BOS yang memungkinkan madrasah menggunakan dana bos untuk pembiayaan kegiatan pembelajaran secara daring. Selain itu KSKK Madrasah juga telah menerbitkan Kurikulum Darurat, yang mengatur penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi. Saat ini jajaran pimpinan MTsN 1 Bandar Lampung sedang menggodok tata kelola penyelenggaraan pembelejaran di era kenormalan baru dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan berpedoman pada kurikulum darurat. 

Pada tanggal 20 Juni 2020 besok, MTsN 1 Bandar Lampung akan menyelenggarakan pembagian raport secara daring melalui E-learning dengan panduan sebagai berikut;
  1. Siswa melakukan log in ke e-learning madrasah menggunakan username dan password masing-masing. 
  2. Siswa mengakses teks/audio/video sambutan yang disampaikan oleh kepala madrasah dengan mengklik link yang disediakan. 
  3. Siswa membuka folder Raport lalu mendownloadnya
  4. Siswa  membuat rekaman audio/video tentang ungkapan rasa syukur atas nikmat kesehatan dan kenaikan kelas dan kesediaan untuk tetap menjaga kesehatan. Klik disini untuk upload videomu.
  5. Siswa mengupload rekaman audio/video melalui link yang disediakan. Link folder raport akan dibuka pada pukul 15.00 WIB. 
  6. Klik disini untuk melihat/mendengar upload video/audiomu. 


No comments: