Wednesday, March 18, 2020

Tata laksana pembelajaran daring

Kegiatan pembelajaran daring dilaksanakan dengan mengikuti ketentuan sebagai berikut.

A. Bapak/Ibu Wali kelas
1.  Mengingatkan dan memastikan siswa binaannya, bahwa pada jam 07.15 sudah siap pembelajaran dalam jaringan (online).

2. Mengingatkan dan memastikan siswa binaannya untuk lebih banyak berada di rumah, kecuali ada keperluan penting. Hal ini sesuai dengan maksud diadakan kegiatan pembelajaran daring selama 14 hari.

B. Bagi Bapak/Ibu Guru Mata Pelajaran
1. Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai,  agar memastikan siswa sudah siap mengikuti, dengan melakukan pengecekan kehadiran.

2. Grup WA aktif sesuai jam kegiatan  pembelajaran. Misal grup WA kelas XA pada jam ke 1-2 mapel Bahasa Inggris, maks grup WA waktu itu hanya aktif dalam KBM Bahasa Inggris, bukan yang lain, dan seterusnya sampai jam ke 9.

3. KBM dimulai sesuai dengan jadwal KBM, bukan mendahului atau mengakhiri share pembelajaran.

4. KBM online tidak senantiasa dalam bentuk tugas dan soal. KBM online pada hakekatnya seperti KBM tatap muka, sehingga ada penjelasan materi pada kompetensi/indikator bisa dalam bentuk MP3, Voice note, video, kemudian latihan soal dan diperkirakan selesai pada jam pertemuannya. Sehingga siswa tidak menumpuk tugas dan soal selama 14 hari.

Sehingga sudah dapat diketahui siswa yang mengikuti dan menyetor tugas dan tidak, kemudian ada umpan balik dan penilaian.


5. Bpk/ibu guru mengisi jurnal online, saat jam KBM online-nya pada kelas tertentu telah selesai, dst.

6. Pada saat mengisi jurnal KBM online, Bpk/Ibu guru memastikan Kebenaran pengisian kode guru, mata pelajaran, kelas, jam ke.

Demikian, semoga dapat berjalan sesuai dengan harapan.

No comments: