Sunday, November 23, 2025

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 1.1. Perkenalan Diri (Introducing Self and Others)

LKPD ini dirancang untuk mendukung kegiatan inti, khususnya pada bagian Positive Self-Introduction dan Find Someone Who....


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris

Fase/Kelas: D / VIII

Materi: Interaksi Sosial: Perkenalan Diri (Introducing Self and Others)

Nama: ___________________________

Tanggal: ___________________________


Kegiatan 1: My Positive Self-Portrait (KBC: Penerimaan Diri)

Tujuan: Peserta didik mampu mendeskripsikan diri mereka dengan fokus pada hal-hal positif.

A. About Me

Lengkapi kalimat berikut dengan informasi yang jujur dan positif tentang dirimu.

  1. My name is __________________________.

  2. I am from __________________________.

  3. My favorite hobby is __________________________, and I am good at it.

  4. I describe myself as a __________________________ and __________________________ person. (Gunakan kata sifat positif, seperti: friendly, honest, curious, patient, creative).

  5. One thing I love about myself is __________________________.

B. Practice: Dialogue Starter

Gunakan informasi di atas untuk membuat dialog perkenalan diri sendiri secara lisan (siapkan diri untuk mempresentasikannya).

Hello, I am [Your Name]. I am a [Positive Adjective 1] and [Positive Adjective 2] person. My favorite hobby is [Hobby], and I really enjoy it because... (Berikan alasan). Nice to meet you!


Kegiatan 2: Find Someone Who... (KBC: Empati & Rasa Ingin Tahu)

Tujuan: Peserta didik mampu meminta dan memberikan informasi dengan menunjukkan empati dan rasa ingin tahu yang positif.

Instruksi: Berinteraksi dan ajukan pertanyaan kepada minimal tiga temanmu. Tulis nama temanmu di kolom yang sesuai. Gunakan ungkapan sapaan yang ramah (e.g., Hello, nice to meet you. May I ask you something?).

No.Find Someone Who... (Pertanyaan yang Diajukan)Nama TemanUngkapan Empati yang Kamu Gunakan (Contoh: That's interesting!)
1.Has a unique hobby? (What is your hobby?)
2.Is good at Math or Science? (What subject are you good at?)
3.Has a dream to travel abroad? (Where do you want to travel?)
4.Describes himself/herself as a patient person? (What kind of person are you?)

Kegiatan 3: Reflect & Appreciate (KBC: Menghargai Orang Lain)

Tujuan: Peserta didik mampu merefleksikan dan menghargai keunikan teman.

Instruksi: Pilih satu teman yang paling berkesan dari Kegiatan 2. Tulis perkenalan singkat tentang dirinya, fokus pada hal-hal positif yang kamu pelajari darinya.

Detail TemanJawaban
Nama Teman
Hal Unik/Positif (yang paling kamu hargai)
Satu Kalimat Apresiasi(Contoh: I think he/she is very dedicated because...)

Penutup Refleksi Diri:

Setelah melakukan perkenalan dan berinteraksi, bagaimana perasaanmu? (Lingkari salah satu):

  • Confident / Percaya Diri

  • Interested / Tertarik

  • Happy / Senang

  • Shy / Malu

Apa yang kamu pelajari tentang pentingnya berkomunikasi dengan ramah?


No comments:

Post a Comment