LKPD ini dirancang untuk mendukung kegiatan inti, khususnya pada bagian Positive Self-Introduction dan Find Someone Who....
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Fase/Kelas: D / VIII
Materi: Interaksi Sosial: Perkenalan Diri (Introducing Self and Others)
Nama: ___________________________
Tanggal: ___________________________
Kegiatan 1: My Positive Self-Portrait (KBC: Penerimaan Diri)
Tujuan: Peserta didik mampu mendeskripsikan diri mereka dengan fokus pada hal-hal positif.
A. About Me
Lengkapi kalimat berikut dengan informasi yang jujur dan positif tentang dirimu.
My name is __________________________.
I am from __________________________.
My favorite hobby is __________________________, and I am good at it.
I describe myself as a __________________________ and __________________________ person. (Gunakan kata sifat positif, seperti: friendly, honest, curious, patient, creative).
One thing I love about myself is __________________________.
B. Practice: Dialogue Starter
Gunakan informasi di atas untuk membuat dialog perkenalan diri sendiri secara lisan (siapkan diri untuk mempresentasikannya).
Hello, I am [Your Name]. I am a [Positive Adjective 1] and [Positive Adjective 2] person. My favorite hobby is [Hobby], and I really enjoy it because... (Berikan alasan). Nice to meet you!
Kegiatan 2: Find Someone Who... (KBC: Empati & Rasa Ingin Tahu)
Tujuan: Peserta didik mampu meminta dan memberikan informasi dengan menunjukkan empati dan rasa ingin tahu yang positif.
Instruksi: Berinteraksi dan ajukan pertanyaan kepada minimal tiga temanmu. Tulis nama temanmu di kolom yang sesuai. Gunakan ungkapan sapaan yang ramah (e.g., Hello, nice to meet you. May I ask you something?).
| No. | Find Someone Who... (Pertanyaan yang Diajukan) | Nama Teman | Ungkapan Empati yang Kamu Gunakan (Contoh: That's interesting!) |
| 1. | Has a unique hobby? (What is your hobby?) | ||
| 2. | Is good at Math or Science? (What subject are you good at?) | ||
| 3. | Has a dream to travel abroad? (Where do you want to travel?) | ||
| 4. | Describes himself/herself as a patient person? (What kind of person are you?) |
Kegiatan 3: Reflect & Appreciate (KBC: Menghargai Orang Lain)
Tujuan: Peserta didik mampu merefleksikan dan menghargai keunikan teman.
Instruksi: Pilih satu teman yang paling berkesan dari Kegiatan 2. Tulis perkenalan singkat tentang dirinya, fokus pada hal-hal positif yang kamu pelajari darinya.
| Detail Teman | Jawaban |
| Nama Teman | |
| Hal Unik/Positif (yang paling kamu hargai) | |
| Satu Kalimat Apresiasi | (Contoh: I think he/she is very dedicated because...) |
Penutup Refleksi Diri:
Setelah melakukan perkenalan dan berinteraksi, bagaimana perasaanmu? (Lingkari salah satu):
Confident / Percaya Diri
Interested / Tertarik
Happy / Senang
Shy / Malu
Apa yang kamu pelajari tentang pentingnya berkomunikasi dengan ramah?
No comments:
Post a Comment