Alur Tujuan Pembelajaran akan diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP) Fase D yang berfokus pada enam elemen kebahasaan: Menyimak-Berbicara, Membaca-Memirsa, dan Menulis-Mempresentasikan.
Berikut adalah perkiraan alur dan fokus materi/tujuan pembelajaran yang sering ditemui pada semester 1 Kelas 8:
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas 8 (Fase D) - Semester 1
Fokus utama pembelajaran di Fase D adalah kemampuan siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal maupun informal.
1. Interaksi Sosial: Perkenalan & Hubungan
| Elemen Keterampilan | Fokus Tujuan Pembelajaran (TP) | Contoh Topik/Konten |
| Menyimak - Berbicara | Menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat, dan pandangan dalam konteks familiar (formal dan informal). | Perkenalan/Penyampaian Diri: Memberikan dan meminta informasi tentang diri sendiri, orang lain, dan lingkungan terdekat (misalnya, identitas, deskripsi fisik/karakter). |
| Menulis - Mempresentasikan | Menyusun teks interaksi lisan dan tulisan yang sederhana dan terstruktur. | Membuat teks pendek (misalnya pesan singkat, chat) yang mengandung ungkapan sapaan, berpamitan, berterima kasih, atau meminta maaf. |
| Membaca - Memirsa | Memahami ide utama dan informasi spesifik dari teks fungsional pendek. | Membaca pesan singkat atau kartu ucapan/undangan dan merespons isinya. |
2. Deskripsi Benda, Tempat, dan Orang
| Elemen Keterampilan | Fokus Tujuan Pembelajaran (TP) | Contoh Topik/Konten |
| Menyimak - Berbicara | Menggambarkan/mendeskripsikan benda, tempat, atau orang di lingkungan sekolah dan rumah menggunakan struktur kalimat dan kosakata yang tepat. | Teks Deskripsi (Descriptive Text): Mendeskripsikan penampilan fisik, sifat, atau fungsi suatu objek/tempat. |
| Menulis - Mempresentasikan | Menyusun paragraf deskripsi sederhana dan terstruktur. | Menulis teks deskriptif tentang benda favorit, tempat bersejarah, atau tokoh idola, dengan memperhatikan penggunaan adjective (kata sifat) dan simple present tense. |
| Membaca - Memirsa | Mencari dan mengevaluasi informasi spesifik serta ide utama dalam teks deskripsi. | Menganalisis teks deskriptif untuk mengidentifikasi tujuan teks dan bagian-bagiannya (identifikasi dan deskripsi). |
3. Kegiatan, Kebiasaan, dan Peristiwa Masa Lalu
| Elemen Keterampilan | Fokus Tujuan Pembelajaran (TP) | Contoh Topik/Konten |
| Menyimak - Berbicara | Menceritakan kegiatan, kebiasaan, atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. | Teks Recount (Recount Text) dan Aktivitas Harian: Menceritakan pengalaman pribadi (liburan, kejadian) atau kegiatan rutin. |
| Menulis - Mempresentasikan | Mengomunikasikan ide dan pengalaman melalui paragraf sederhana, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kata kerja sederhana (simple past tense dan simple present tense). | Menulis catatan harian atau blog post sederhana tentang kegiatan harian dan pengalaman di masa lalu. |
| Membaca - Memirsa | Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari Teks Recount yang familiar. | Membaca cerita pengalaman pribadi dan mengidentifikasi urutan kejadian/waktu. |
Catatan Penting
Pendekatan Genre: Pembelajaran Bahasa Inggris di Fase D umumnya menggunakan pendekatan berbasis genre (jenis teks), di mana setiap unit fokus pada satu atau dua jenis teks (misalnya, Descriptive, Recount, Procedure, Narrative). Semester 1 sering berfokus pada Descriptive dan Recount.
Integrasi: Keenam elemen kebahasaan (Menyimak, Berbicara, Membaca, Memirsa, Menulis, Mempresentasikan) diajarkan secara terintegrasi dalam satu topik/genre.
Tatabahasa (Grammar): Tata bahasa dipelajari secara fungsional dalam konteks teks, misalnya:
Simple Present Tense (untuk kebiasaan dan fakta dalam Teks Deskripsi).
Simple Past Tense (untuk menceritakan peristiwa di Teks Recount).
Adjectives (kata sifat) dan Adverbs (kata keterangan).
https://bulletinbijak.blogspot.com/2025/11/kosakata-dan-tata-bahasa-kelas-8.html
No comments:
Post a Comment