Sunday, November 23, 2025

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas 8 (Fase D)

Alur Tujuan Pembelajaran akan diturunkan dari Capaian Pembelajaran (CP) Fase D yang berfokus pada enam elemen kebahasaan: Menyimak-Berbicara, Membaca-Memirsa, dan Menulis-Mempresentasikan.

Berikut adalah perkiraan alur dan fokus materi/tujuan pembelajaran yang sering ditemui pada semester 1 Kelas 8:


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris Kelas 8 (Fase D) - Semester 1

Fokus utama pembelajaran di Fase D adalah kemampuan siswa menggunakan teks lisan, tulisan, dan visual untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam konteks yang lebih beragam dan dalam situasi formal maupun informal.

1. Interaksi Sosial: Perkenalan & Hubungan

Elemen KeterampilanFokus Tujuan Pembelajaran (TP)Contoh Topik/Konten
Menyimak - BerbicaraMenggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dan bertukar ide, pengalaman, minat, pendapat, dan pandangan dalam konteks familiar (formal dan informal).Perkenalan/Penyampaian Diri: Memberikan dan meminta informasi tentang diri sendiri, orang lain, dan lingkungan terdekat (misalnya, identitas, deskripsi fisik/karakter).
Menulis - MempresentasikanMenyusun teks interaksi lisan dan tulisan yang sederhana dan terstruktur.Membuat teks pendek (misalnya pesan singkat, chat) yang mengandung ungkapan sapaan, berpamitan, berterima kasih, atau meminta maaf.
Membaca - MemirsaMemahami ide utama dan informasi spesifik dari teks fungsional pendek.Membaca pesan singkat atau kartu ucapan/undangan dan merespons isinya.

2. Deskripsi Benda, Tempat, dan Orang

Elemen KeterampilanFokus Tujuan Pembelajaran (TP)Contoh Topik/Konten
Menyimak - BerbicaraMenggambarkan/mendeskripsikan benda, tempat, atau orang di lingkungan sekolah dan rumah menggunakan struktur kalimat dan kosakata yang tepat.Teks Deskripsi (Descriptive Text): Mendeskripsikan penampilan fisik, sifat, atau fungsi suatu objek/tempat.
Menulis - MempresentasikanMenyusun paragraf deskripsi sederhana dan terstruktur.Menulis teks deskriptif tentang benda favorit, tempat bersejarah, atau tokoh idola, dengan memperhatikan penggunaan adjective (kata sifat) dan simple present tense.
Membaca - MemirsaMencari dan mengevaluasi informasi spesifik serta ide utama dalam teks deskripsi.Menganalisis teks deskriptif untuk mengidentifikasi tujuan teks dan bagian-bagiannya (identifikasi dan deskripsi).

3. Kegiatan, Kebiasaan, dan Peristiwa Masa Lalu

Elemen KeterampilanFokus Tujuan Pembelajaran (TP)Contoh Topik/Konten
Menyimak - BerbicaraMenceritakan kegiatan, kebiasaan, atau peristiwa yang terjadi di masa lalu.Teks Recount (Recount Text) dan Aktivitas Harian: Menceritakan pengalaman pribadi (liburan, kejadian) atau kegiatan rutin.
Menulis - MempresentasikanMengomunikasikan ide dan pengalaman melalui paragraf sederhana, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kata kerja sederhana (simple past tense dan simple present tense).Menulis catatan harian atau blog post sederhana tentang kegiatan harian dan pengalaman di masa lalu.
Membaca - MemirsaMengidentifikasi fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dari Teks Recount yang familiar.Membaca cerita pengalaman pribadi dan mengidentifikasi urutan kejadian/waktu.

Catatan Penting

  1. Pendekatan Genre: Pembelajaran Bahasa Inggris di Fase D umumnya menggunakan pendekatan berbasis genre (jenis teks), di mana setiap unit fokus pada satu atau dua jenis teks (misalnya, Descriptive, Recount, Procedure, Narrative). Semester 1 sering berfokus pada Descriptive dan Recount.

  2. Integrasi: Keenam elemen kebahasaan (Menyimak, Berbicara, Membaca, Memirsa, Menulis, Mempresentasikan) diajarkan secara terintegrasi dalam satu topik/genre.

  3. Tatabahasa (Grammar): Tata bahasa dipelajari secara fungsional dalam konteks teks, misalnya:

    • Simple Present Tense (untuk kebiasaan dan fakta dalam Teks Deskripsi).

    • Simple Past Tense (untuk menceritakan peristiwa di Teks Recount).

    • Adjectives (kata sifat) dan Adverbs (kata keterangan).

https://bulletinbijak.blogspot.com/2025/11/kosakata-dan-tata-bahasa-kelas-8.html

No comments:

Post a Comment